Breaking News:

Berita Lamongan

Hasil Rapid Tes, Jumlah Warga Sidodowo Lamongan Terdeteksi Bertambah, Tembus 202 Penderita

Intensitas  tes rapid antigen  di Desa Sidodowo, Kecamatan Modo, klaster hajatan jumlah warga yang terdeteksi positif semakin meledak.

Penulis: Hanif Manshuri
Editor: Januar Adi Sagita
TribunJatim.com/ Hanif Manshuri
Bantuan bahan pangan untuk warga Sidodowo Kecamatan Modo dari Pendopo Lokatantra, Selasa (8/6/2021) 

Reporter: Hanif Manshuri | Editor: Januar AS

TRIBUNJATIM.COM, LAMONGAN - Intensitas  tes rapid antigen  di Desa Sidodowo, Kecamatan Modo, klaster hajatan jumlah warga yang terdeteksi positif semakin meledak

Datanya,  ada sebanyak 202 warga wilayah kecamatan bagian barat Lamongan tersebut yang terkonfirmasi positif Covid -19 dari tes PCR dan tes Rapid Antigen. 

Jumlah ratusan  warga ini dari hasil tes PCR positif dan hasil tes Rapid Antigen. Hasil PCR yang terdiri dari 2 warga meninggal, 12 warga menjalani isolasi di rumah sakit, 1 warga menjalani isolasi mandiri di rumah dan sudah dinyatakan sembuh sebanyak 2 orang. 

Sedangkan dari hasil rapid tes antigen 5 orang meninggal, 9 orang menjalani isolasi dirumah sakit, 157 orang menjalani isolasi mandiri di rumah dan 12 orang dinyatakan sembuh. Selain itu, 2 warga meninggal belum diketahui apakah negatif atau positif Covid-19

"Saat ini telah dilakukan tracing tidak hanya di Desa Sidodowo tetapi juga di desa tetangga yakni Desa Jatipayak. Penyekatan akan diperketat, isolasi juga dilakukan dari 4 Juni lalu sampai 14 hari mendatang," kata Bupati Lamongan Yuhronur Efendi, Selasa (8/6/2021).

Munculnya klaster hajatan di Desa Sidodowo, Kecamatan Modo memantik untuk melakukan konsolidasi serta membangun soliditas antar jajaran agar terjadi sinergi yang kuat dalam penanganan Covid-19

Ratusan aparat menggelar Apel Gelar Pasukan untuk me-refresh, memotivasi spirit bahwa seluruh jajaran yang terkait dalam penanganan Covid-19 memiliki tanggungjawab dalam menjaga masyarakat dari Covid-19

"Beberapa hari ini terjadi fenomena peningkatan kasus Covid-19, untuk itu perlu kita tingkatkan kesiapsiagaan kepada masyarakat bahwa Covid-19 ini belum selesai, " katanya.

Sudah menjadi tugas semua pihak untuk menguatkan, mengingatkan, dan mensosialisasikan kepada masyarakat yang akhir-akhir ini mulai lalai dalam melaksanakan protokol kesehatan." Ini yang harus selalu kita ingatkan pada semua masyarakat, "kata Yuhronur Efendi dalam amanatnya saat memimpin apel bersama Dandim 0812 Lamongan Letkol Inf. Sidik Wiyono, dan Kapolres Lamongan AKBP Miko Indrayana di Halaman Pemda Lamongan, Selasa (8/6/2021). 

Baca juga: Tak Ada yang Percaya Ucapan Bu Tien Sebelum Wafat, Petunjuk Kekuasaan Soeharto Bakal Berakhir

Yuhronur  menambahkan, peristiwa Sidodowo harus menjadi peringatan untuk bersinergi, bersiap mencegah penyebaran serta mempercepat penanganan Covid-19 agar tidak terdapat kasus baru, dan kasus yang sudah ada dapat segera ditangani, terselesaikan, serta tidak berkembang di tempat lain. 

"Terus optimalkan satgas di desa-desa, PPKM Mikro terus dikuatkan, jangan sampai menurun, tidak boleh kendor, penyekatan juga harus dilakukan secara masif. Operasi protokol kesehatan agar tidak hanya dilakukan di kota saja tapi di tempat lain juga. Kita lakukan pencegahan dini agar tidak lagi terjadi peningkatan," imbuhnya.

Dalam apel ini juga diserahkan bantuan sembako berupa 2 ton beras dari Yayasan Budha Tsu Chi, 4000 masker dan juga 100 karton mie instan dari Polres. Penyerahan bantuan dilakukan secara simbolis kepada Kepala Desa, Tokoh Agama , dan Tokoh Pemuda Desa Sidodowo, Kecamatan Modo.

Sementara itu, sekitar pukul 13. 30 WIB siang ini, ibu - ibu Forkopimda, Dandim 0812, Letkol Inf Sidik Wiyono dan Kapolres Lamongan, AKBP Miko Indrayana mengirimkan bantuan bahan pangan ke Desa Sidodowo yang diangkut mobil  pick up nopol B 9453 TTA milik Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) di Lamongan.
Bantuan diberangkatkan dari Pendopo Lokatantra Lamongan. (Hanif Manshuri)

Kumpulan berita Lamongan terkini

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved