Breaking News:

Berita Jatim

Menkes Siap Bantu Penanganan Lonjakan Covid-19 di Bangkalan, Akan Drop 30 Ribu Vaksin dan Nakes

Menteri Kesehatan pastikan bantuan penanganan lonjakan kasus virus Corona di Kabupaten Bangkalan. Akan drop 30 ribu vaksin dan nakes.

TRIBUNJATIM.COM/FATIMATUZ ZAHROH
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin saat menggelar rakor bersama Kepala BNPB dan Forkopimda Jatim dan Bangkalan di Pendopo Bangkalan, Selasa (8/6/2021). 

Reporter: Fatimatuz Zahroh| Editor: Heftys Suud

TRIBUNJATIM.COM, BANGKALAN - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin memastikan bahwa pihaknya akan membantu dalam penanganan lonjakan kasus virus Corona ( Covid-19 ) di Kabupaten Bangkalan.

Dalam kunjungannya ke Kabupaten Bangkalan bersama Kepala BNPB Ganip Warsito, Selasa (8/6/2021), ia menyebutkan bahwa Kemenkes akan mengirimkan bantuan tenaga kesehatan dan juga menggelontor vaksin ke Kabupaten Bangkalan

Hal itu menyikapi lonjakan kasus Covid-19 di Kabupaten Bangkalan yang begitu pesat dan penuhnya layanan kesehatan perawatan Covid-19 di Bangkalan.

Dengan pengiriman bantuan nakes, Menkes berharap ada relaksasi untuk tenaga kesehatan. 

Baca juga: Surabaya-Bangkalan Kolaborasi Soal Penyekatan, Pemerintah Pusat Beri Acungi Jempol

"Pertama tentu kita berterima kasih pada gubernur yang telah memberikan kebijakan relaksasi pasien rumah sakit dengan mengirimkannya ke rumah sakit di Surabaya. Rumah sakit di Surabaya saya yakin alatnya sudah bagus dan lengkap, sehingga bisa menguasai tekanan di rumah sakit yang ada di Bangkalan," tegas Menkes. 

Selanjutnya, dalam kunjungan ini Menkes juga telah membawa Dirjen Layanan Kesehatan yang ia minta untuk berkoordinasi dengan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) guna memetakan suplai tenaga kesehatan.

Pasalnya jika tidak ada sokongan tenaga kesehatan baru, kasihan nakes harus bekerja keras merawat pasien Covid-19 yang ada di RS Bangkalan. 

"Saya sudah bawa dirjen yankes saya minta supaya koordinasi dengan IDI dan pusat pendidikan kesehatan Jatim. Kita akan kirim 10-20 tenaga dokter dan perawat supaya bisa oplos (gantian), kasihan kalau tidak begitu," kata Menkes. 

Baca juga: Terjaring 53 Orang Positif Covid-19 di Suramadu, Camat Se-Surabaya Tracing Pendatang dari Madura

Halaman
12
Penulis: Fatimatuz Zahroh
Editor: Hefty Suud
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved