Breaking News:

Berita Magetan

Rumah Hampir Ambruk, ODGJ di Magetan Belum Dapat Bantuan

Sudarminto warga Desa Klagen Gambiran RT18/RW03, Kecamatan Maospati, Kabupaten Magetan, Jawa Timur orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) memprihatinkan

Penulis: Doni Prasetyo | Editor: Yoni Iskandar
Surya/ Doni Prasetyo
Warga Desa Klagen Gambiran, Kecamatan Maospati, Kabupaten Magetan gotong royong, menyangga rumah Sudarminto (47) ODGJ (Orang Dengan Gangguan Jiwa) yang atapnya lapuk dan hampir ambruk bila hujan lebat dan angin menghempasnya. 

Reporter : Doni Prasetyo | Editor : Yoni Iskandar

TRIBUNJATIM.COM, MAGETAN - Sudarminto (47) warga Desa Klagen Gambiran RT18/RW03, Kecamatan Maospati, Kabupaten Magetan, Jawa Timur , orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) ini sangat memprihatinkan, kondisi rumah yang dijadikan tempat berlindung dari terik Matahari dan hujan, atapnya hampir ambruk.

Ironis, warga ini belum sekali pun terima bantuan dari pemerintah desa maupun kabupaten. Untuk mempertahankan agar atap rumah ODGJ ini tidak ambruk, warga setempat menyangga dengan bambu seadanya.

Dengan kondisi ini rumah ODGJ ini sewaktu waktu bisa ambruk bila ada hujan disertai angin kencang.

"Sudarminto ini sudah puluhan tahun menderita gangguan jiwa, tepatnya sejak kedua orangtuanya meninggal dunia, pertama ibunya, disusul Bapaknya. Kemudian dia kena stres ini. Ada adiknya bekerja di Surabaya, tidak pernah pulang,"kata Sumadi tetangga Sudarminto kepada Surya, Selasa (8/6)

Menurut Sumadi, untuk kebutuhan makan sehari hari, ODGJ ini dibantu warga masyarakat sekitar dan saudaranya yang masih punya rasa peduli secara bergantian.

Baca juga: Terjerat Utang Bank Titil, Pasutri Magetan Bobol Warung & Gondol Tabung Gas, Kepergok, Ancam Korban

"Baru baru ini, tahun 2021, sudah ada dua atau tiga bulan. Warga melaporkan ke perangkat Desa Klagen Gambiran terkait kondisi rumah Sudarminto. Namun sampai hari ini belum ada bantuan serupiah pun untuk warga ODGJ itu," ujar Sumadi kepada TribunJatim.com.

Maksud warga, lanjut Sumadi, kalau ada bantuan untuk renovasi rumah ODGJ yang sudah sebatangkara dan hanya ada beberapa saudaranya yang nasibnya juga tidak beruntung, agar layak dan tidak membahayakan warga ODGJ yang tidak mampu ini.

"Kalau warga ini sehat waras sih tidak jadi masalah. Dia masih bisa berusaha memperbaiki atau mencari biaya perbaikkan dengan bekerja serabutan atau mengajukan bantuan sendiri. Ada adik kandungnya, jadi security di Surabaya tapi tidak pernah pulang," katanya.

Kepala Desa Klagen Gambiran, Kecamatan Maospati, Kabupaten Magetan Tono yang berusaha di Whatsapp (WA) dan telepon Surya, tidak merespon. Malah ketika telepon berdering dua kali langsung di rejeck.

Berita tentang Kabupaten magetan

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved