Breaking News:

Berita Kota Mojokerto

Begini Simulasi Tanggap Bencana di Sungai Ngotok Kota Mojokerto

Petugas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) melakukan pelatihan simulasi tanggap bencana (Water Rescue) di Sungai Ngotok Jembatan Rejoto, Kelurahan

Penulis: Mohammad Romadoni | Editor: Yoni Iskandar
Surya/Mohammad Romadoni
Pelatihan simulasi Water Rescue di di Sungai Ngotok Jembatan Rejoto, Kelurahan Pulorejo, Kecamatan Prajurit Kulon, Kota Mojokerto, Selasa (8/6/2021). 

Reporter : Mohammad Romadoni | Editor : Yoni Iskandar

TRIBUNJATIM.COM, MOJOKERTO - Petugas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) melakukan pelatihan simulasi tanggap bencana (Water Rescue) di Sungai Ngotok Jembatan Rejoto, Kelurahan Pulorejo, Kecamatan Prajurit Kulon, Kota Mojokerto.

Kepala Satpol PP Kota Mojokerto, Heryana Dodik Murtono mengatakan peserta pelatihan simulasi Water Rescue ada 50 orang terdiri dari anggota Satlak, Satlinmas dan sejumlah relawan yang narasumbernya dari BPBD Jawa Timur.

"Kegiatan simulasi dan pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan terkait kesiapsiagaan operasional dalam penanggulangan bencana," katanya, Selasa (8/6/2021).

Dodik menjelaskan pelatihan ini juga mempraktikkan operasional dalam penanggulangan bencana seperti menolong korban tenggelam. Kemudian, kesiapsiagaan untuk memenuhi kebutuhan makanan dalam menghadapi bencana.

"Simulasi pelatihan penyelamatan laka air dan dapur umum dalam menghadapi bencana alam," jelasnya kepada TribunJatim.com.

Baca juga: Gelar Apel Siaga Tanggap Bencana, PKS Jatim Bagi Relawan Kedalam 4 Unit

Berdasarkan Undang-undang Nomor 24 Tahun 2007, bencana dapat dibedakan menjadi tiga macam yaitu bencana alam, bencana non alam dan bencana sosial.

Pandemi Covid-19 juga termasuk kategori bencana sehingga ratusan potensi relawan akan dilibatkan untuk mensukseskan vaksinasi di Kota Mojokerto.

Apalagi, vaksinasi adalah upaya dari Pemerintah Daerah dalam penanggulangan pandemi Covid-19.

"Kita akan melibatkan seluruh relawan dari Linmas, Tagana dan Ormas sekitar 800 yang ikut mensukseskan vaksinasi di Kota Mojokerto sehingga tercapai Herd Immunity," ucap Dodik kepada TribunJatim.com.

berita tentang Tanggap bencana

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved