Berita Kota Malang

Ganggu Kenyamanan, 50 Kendaraan dengan Knalpot Brong Disita Satlantas Polresta Malang Kota

Ganggu kenyamanan masyarakat, puluhan kendaraan dengan knalpot brong disita di unit tilang Satlantas Polresta Malang Kota.

Penulis: Kukuh Kurniawan | Editor: Dwi Prastika
TRIBUNJATIM.COM/KUKUH KURNIAWAN
Kasat Lantas Polresta Malang Kota, AKP Yoppi Anggi Khrisna, Rabu (9/6/2021). 

Reporter: Kukuh Kurniawan | Editor: Dwi Prastika

TRIBUNJATIM.COM, MALANG - Suara memekakkan telinga serta mengganggu kenyamanan masyarakat dari knalpot brong kendaraan membuat Satlantas Polresta Malang Kota tidak tinggal diam untuk melakukan penindakan.

Setidaknya, ada 50 kendaraan dengan knalpot brong diamankan dan disita di unit tilang Satlantas Polresta Malang Kota.

Sebagian besar kendaraan yang diamankan tersebut, merupakan sepeda motor. Mulai dari sepeda motor sport, matic, hingga bebek.

Kasat Lantas Polresta Malang Kota, AKP Yoppi Anggi Khrisna mengatakan, jumlah itu adalah hasil dari operasi sejak bulan Mei 2021.

"Hal itu terhitung menurun, apalagi setelah kami galakkan gerakan anti knalpot brong. Turunnya cukup signifikan, dibandingkan dengan waktu-waktu sebelumnya," ujarnya kepada TribunJatim.com, Rabu (9/6/2021).

Ia menjelaskan, para pengguna kendaraan bermotor dengan knalpot brong kerap melontarkan alasannya. Mulai sekadar pamer hingga untuk bergaya.

"Kalau untuk digunakan di kompetisi resmi, tidak apa-apa. Tapi kalau digunakan sehari-hari di jalan, suaranya sangat mengganggu," terangnya.

Baca juga: Galakkan Kampanye Anti Knalpot Brong, Satlantas Polresta Malang Kota Pasang Banner Imbauan

Yoppi juga mengungkapkan, kendaraan yang diamankan itu baru bisa diambil, setelah para pelanggar membayar denda tilang.

"Selain membayar denda tilang, mereka juga diharuskan mengganti knalpot sesuai standar pabrikan. Kalau tidak diganti, kendaraan tetap kami sita," bebernya.

Dalam kesempatan tersebut, dirinya juga menambahkan, pihaknya akan terus mengedukasi masyarakat, terkait larangan penggunaan knalpot brong.

"Melalui Dikmas Lantas, kami akan terus mengedukasi masyarakat, kemudian bengkel-bengkel, dan pihak-pihak terkait. Karena penggunaan knalpot brong sudah dinyatakan ilegal dan melanggar hukum," tandasnya.

Berita tentang Kota Malang

Berita tentang Jawa Timur

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved