Breaking News:

Berita Surabaya

Menuju Indonesia Maju, Nenilai sampaikan Hasil Survei 10 Nilai Pribadi Terpenting

Pada tanggal 2 Juli - 31 Desember 2020 lalu, Nenilai telah melakukan survei kepada 50.542 responden yang berusia minimum 15 tahun untuk melakukan iden

istimewa
Saat Narasumber dari Dr Vivi Yulaswati MSc - Staf Ahli Menteri PPN Bidang Sosial dan Penanggulangan Kemiskinan, Bappenas, Vice President Director and CEO PT Indika Energy Tbk - Azis Armand, Meike Malaon - Director Dayalima Abisatya, Suryani Asikin - CEO Pantarei dan Keenan Pearce - Managing Director Stoik Trisula membahas topik "Mengenal Nenilai : Inisiatif Memetakan Nilai Hidup Bangsa untuk Kemajuan Indonesia" secara virtual, Rabu (9/6/2021). 

Reporter : Zainal Arif | Editor : Yoni Iskandar

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Pada tanggal 2 Juli - 31 Desember 2020 lalu, Nenilai telah melakukan survei kepada 50.542 responden yang berusia minimum 15 tahun untuk melakukan identifikasi atas nilai-nilai hidup yang dianggap penting secara individual maupun bersama.

Dalam survei yang dilakukan setiap responden diminta untuk menjawab 10 dari sekitar 60-70 pilihan kata yang menggambarkan nilai, perilaku, prinsip hidup yang mencakup Personal Values yaitu 10 nilai perilaku atau prinsip hidup yang paling mencerminkan diri sendiri.

Hasil dari survei inilah yang kemudian memilih topik "Mengenal Nenilai : Inisiatif Memetakan Nilai Hidup Bangsa untuk Kemajuan Indonesia" untuk dibahas oleh 5 narasumber dari penggagas Nenilai dari Bappenas, Indika Energy, Dayalima Abisatya, Pantarei dan Stoik Trisula secara virtual, Rabu (9/6/2021).

Hasil survei menunjukan, nilai pribadi yang dianggap paling penting yaitu bertanggung jawab sebanyak 51 persen, sedangkan untuk nilai-nilai budaya saat ini yang dianggap paling penting adalah gotong royong sebanyak 39 persen.

Sementara untuk nilai-nilai budaya yang diharapkan oleh masyarakat Indonesia adalah adil atau keadilan sebanyak 69 persen.

Dari hasil survei Nenilai tersebut, bertanggung jawab menjadi nilai pribadi yang paling dianggap penting untuk dapat memenuhi pembangunan Nasional yang terintegrasi, penting bagi masyarakat mengetahui nilai-nilai yang penting baik secara individu ataupun kelompok.

Director Dayalima Abisatya, Meike Malaon menjelaskan survei ini membantu mereka mewujudkan visi Dayalima dalam mencetak pemimpin planet baru (Leaders of A New Planet).

“Kami di Dayalima beberapa tahun belakangan merasakan adanya banyak perbedaan dan gesekan di sebagian masyarakat Indonesia akibat perbedaan yang ada. Untuk itu, dalam membantu organisasi memahami budaya perusahaan, kami juga menanamkan nilai-nilai budaya ini pada setiap individu di organisasi tersebut," ungkapnya.

Baca juga: Mensos Risma Enggan Pikirkan Hasil Survei Capres, Fokus Tangani Gempa

"Hal ini kami lakukan, karena selain bermanfaat bagi sebuah organisasi atau perusahaan, nilai-nilai ini juga bisa dibawa oleh individu untuk bersosialisasi di masyarakat sehingga terjaga keberlangsungan manusia dan lingkungan hidupnya," tambahnya.

Halaman
123
Penulis: Zainal Arif
Editor: Yoni Iskandar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved