Breaking News:

Berita Surabaya

Tiga Bulan Tanam Padi di Balai Kota Surabaya, Wali kota Eri Panen Setengah Kwintal Beras

Pemerintah Kota Surabaya membuat terobosan di bidang pertanian. Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi membuat percontohan menanam padi

surya/bobby
Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi bersama jajarannya panen padi di Taman Surya Balai Kota Surabaya, Rabu (9/6/2021). 

Reporter: Bobby Koloway I Editor: Ndaru Wijayanto

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Pemerintah Kota Surabaya membuat terobosan di bidang pertanian. Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi membuat percontohan menanam padi dengan konsep urban farming

Hasilnya pun telah terlihat. Wali Kota Surabaya bersama jajarannya panen padi di Taman Surya Balai Kota Surabaya, Rabu (9/6/2021).

Padi ini ditanam di 18 bak fiber berukuran 6 meter persegi dan ditempatkan di Taman Surya Surabaya.

Proyek percontohan ini disesuaikan dengan program Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya terkait dengan kedaulatan pangan dalam menghadapi pandemi Covid-19. 

Cak Eri mengatakan, urban farming bertujuan untuk mempertahankan kedaulatan pangan. Sekaligus, menjaga sustainability ketahanan pangan di Kota Pahlawan. 

Terutama, dalam kondisi pandemi Covid-19 saat ini. "Ini merupakan percontohan," kata Cak Eri, Rabu (9/6/2021). 

Dengan lahan yang tidak terlalu besar bisa bercocok tanam. "Terpenting, sustainable pangan di kota kita terjamin,” kata Cak Eri. 

Dia menjelaskan, pengembangan budidaya padi pada bak fiber tersebut bakal terus dikembangkan. Apalagi, masa tanamnya singkat. 

Sesudah tiga bulan ditanam, sudah bisa dipanen. "Kalau yang saya panen ini estimasi total gabah sekitar 72 kilogram. Saat jadi beras, mungkin susut. Tinggal 60 persen (dari berat gabah),” urainya.

Halaman
12
Penulis: Bobby Constantine Koloway
Editor: Ndaru Wijayanto
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved