Breaking News:

Berita Gresik

Begini Gambaran Jalan Poros Tengah di Pulau Bawean yang Diusulkan Bupati Gresik

Bupati Gresik, Fandi Akhmad Yani menggagas adanya jalan poros tengah di Pulau Bawean. Tujuannya, pembangunan di Pulau Bawean merata.

surya/willy
Lengang, kondisi jalan di Alun-alun Sangkapura, Pulau Bawean, Gresik, Kamis (10/6/2021). 

Reporter: Willy Abraham I Editor: Ndaru Wijayanto

TRIBUNJATIM.COM, GRESIK -  Bupati Gresik, Fandi Akhmad Yani menggagas adanya jalan poros tengah di Pulau Bawean. Tujuannya, pembangunan di Pulau Bawean merata. 

"Agar tidak tersentralisasi, mudah-mudahan ada energi positif, muncul ide besar inovasi di pulau Bawean. Jalan poros tengah, munculnya infrastruktur dari jalan lingkar Bawean menjadi daya tarik luar biasa, membuka peluang usaha baru. Ini harus kita seriusi, tidak boleh jadi wacana," ucapnya saat rembug akur warga di Kecamatan Tambak, Pulau Bawean, Rabu (9/6/2021). 

Ide ini akan dikawal bersama anggota DPRD Gresik yang berasal dari Daerah Pemilihan Pulau Bawean

"Kita akan duduk bersama, musyawarah bersama jalan poros tengah harus bisa terwujud, walaupun tahun depan perencanaan tahun depannya atau dua tahun lagi dieksekusi tidak apa-apa, kita menanam kebaikan untuk kedepan," paparnya. 

Gagasan Bupati ini didukung oleh para anggota DPRD Gresik yang ikut hadir mendampingi Bupati. Mereka adalah Musa anggota DPRD Gresik yang asli Bawean dan Edy Santoso yang ikut hadir. 

Bahkan Musa juga menjadi fasilitator dan moderator pada rembug akur warga Bawean terkait gagasan pembangunan jalan Poros tengah dan memperpanjang Runway Lapangan Terbang Bawean tersebut. 

"Jalan poros tengah menghemat waktu dari Sangkapura ke Tambak. Akan melintasi tiga desa dengan lebar jalan empat meter sejauh 15 sampai 20 kilometer," ucapnya, Kamis (10/6/2021). 

Dengan adanya jalan poros tengah jarak tempuh dari Sangkapura ke Tambak kurang lebih hanya 45 menit saja.

Gambaran awal jalur tersebut melintasi Desa Gunungteguh, Desa Balikterus di Kecamatan Sangkapura dan Desa Paromaan, Kecamatan Tambak yang paling mungkin. 

Disinggung besaran anggaran, politisi partai NasDem ini menyebut pembangunan jalur poros tengah lebih hemat ketimbang melebarkan jalan lingkar Bawean. 

"Jalur poros tengah juga membuat akses dari Pelabuhan Sangkapura ke bandara Harun Tohir lebih dekat," kata dia. 

Ternyata gagasan itu sangat didukung oleh semua tokoh masyarakat dan Kyai yang hadir pada kegiatan tersebut.

Bahkan ada beberapa tokoh masyarakat yang siap membantu agar gagasan tersebut segera terealisasi.

Penulis: Willy Abraham
Editor: Ndaru Wijayanto
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved