Breaking News:

Berita Nganjuk

Cegah Covid-19, Pemkab Nganjuk akan Dirikan Posko PPKM Mikro di Setiap Desa

Pemkab Nganjuk akan membuka posko Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) mikro di setiap Desa.

Penulis: Achmad Amru Muiz | Editor: Ndaru Wijayanto
surya/Amru
Rakor evaluasi pencegahan dan pengendalian penyebaran covid-19 di Kabupaten Nganjuk yang hingga kini kasus positif virus corona masih terus bertambah. 

Reporter: Achmad Amru Muiz I Editor: Ndaru Wijayanto

TRIBUNJATIM.COM, NGANJUK - Pemkab Nganjuk akan membuka posko Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) mikro di setiap Desa.

Ini setelah penyebaran virus corona di Kabupaten Nganjuk hingga kini masih terus terjadi  meski jumlah penambahan kasusnya mengalami penurunan signifikan.

Plt Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Aspem Kesra) Pemkab Nganjuk, Samsul Huda mengatakan, pelaksanaan PPKM Mikro sendiri merupakan langkah untuk menekan kasus positif covid-19.

Selain itu, PPKM Mikro menjadi upaya pengendalian kurva Covid-19. Di mana titik poin skenario pengendalian tersebut berada di level terkecil yakni tingkat Rukun Tetangga (RT).

"Ini dikarenakan dalam pelaksanaan operasi yustisi oleh satgas Kabupaten ternyata tidak dapat mencakup seluruh wilayah Nganjuk. Untuk itu skenario pengendalian pada penanganan terhadap sasaran yang paling kecil yakni RT dilakukan untuk pencegahan penyebaran COVID-19 melalui kegiatan PPKM Mikro tersebut," kata Samsul Huda, dalam rapat koordinasi (rakor) evaluasi PPKM Mikro di Kabupaten Nganjuk, Kamis (10/6/2021).

Dikatakan Samsul, Pemkab Nganjuk akan meminta Pemerintah Desa atau Kelurahan untuk membuka Posko PPKM mikro di wilayanya masing-masing.

Di mana Kepala Desa atau Kelurahan sebagai Ketua Posko dengan melibatkan pihak lain. Seperti Babinsa, Bhabinkamtibmas, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat, tokoh pemuda, penyuluh, pendamping, tenaga kesehatan, relawan, PKK, maupun karang taruna.

"Dan kami juga berharap para camat untuk lebih mengoptimalkan Posko PPKM Mikro di tingkat Kecamatan yang sudah ada," ucap Samsul Huda.

Di samping itu, tambah Samsul Huda, mengingat Posko juga berperan sebagai inti pengendalian penyebaran COVID-19, diharapkan Posko PPKM mikro tingkat Kecamatan dapat bersinergi intensif dengan Posko PPKM mikro di tingkat Desa maupun Kelurahan.

"Nantinya untuk Posko PPKM mikro di Desa dan Kelurahan yang sudah terbentuk sebelumnya tetapi belum optimal, maka tugas dari Posko PPKM mikro di Kecamatan untuk bisa lebih mengoptimalkan PPKM mikro tingkat Desa atau Kelurahan tersebut sesuai aturan," tutur Samsul Huda

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved