Breaking News:

Berita Malang

Penanaman Kelapa Sawit di Malang Selatan Secara Masif Timbulkan Gelombang Protes

Seruan protes rencana penanaman kelapa sawit secara masif di Malang Selatan terus bermunculan.

Penulis: Erwin Wicaksono | Editor: Ndaru Wijayanto
surya/erwin
Aliansi Selamatkan Lingkungan Malang Selatan (ASLIMAS) mendatangi DPRD Kabupaten Malang untuk meminta wakil rakyat turut mengawal kelestarian ekologi Malang Selatan agar terhindar dari resiko kerusakan alam akibat penanaman sawit secara massal. 

Reporter: Erwin Wicaksono I Editor: Ndaru Wijayanto

TRIBUNJATIM.COM, MALANG - Seruan protes rencana penanaman kelapa sawit secara masif di Malang Selatan terus bermunculan.

Terbaru, Aliansi Selamatkan Lingkungan Malang Selatan (ASLIMAS) mendatangi DPRD Kabupaten Malang untuk meminta wakil rakyat turut mengawal kelestarian ekologi Malang Selatan agar terhindar dari resiko kerusakan alam akibat penanaman sawit secara massal.

Aliansi khawatir alih fungsi hutan di Malang Selatan menjadi lahan sawit timbulkan resiko anomali ekologi jangka panjang.

"Alih fungsi menjadi sawit akan menghilangkan keanekaragaman tanaman. Khususnya wilayah hutan. Kami ambil kasus di beberapa kawasan di Kalimantan, hutan yang dialihfungsikan malah menimbulkan banjir," ujar Wahyu Eka, narahubung ASLIMAS usai sampaikan aspirasi di DPRD Kabupaten Malang, Kamis (10/6/2021).

Wahyu menganalisa, sawit memiliki jenis akar serabut sehingga tidak dapat mencegah banjir.

Jika penanaman sawit tetap dipaksakan, fungsi hutan sebagai penjaga keseimbangan ekosistem akan terganggu.

"Akar sawit itu serabut, tidak mendalam seperti akar tunggang. Tentu tidak memiliki fungsi merawat tanah. Dari situlah kerawanan itu terbangun," ungkapnya.

ALIMSA membeberkan sejumlah fakta mengenai  sawit yang perlu diketahui masyarakat.

Kata Wahyu, sawit bertipikal tanaman homogen dan tidak bisa hidup berdampingan dengan tanaman pertanian lainnya. Alhasil, petani hanya bisa menanam sawit saja.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved