Breaking News:

Berita Surabaya

Solusi Surat Ijo Tunggu Pusat, Perkumpulan Penghuni di Surabaya Minta Biaya Retribusi Berkeadilan

Solusi surat ijo tinggal tunggu pusat, perkumpulan penghuni di Surabaya meminta agar biaya retribusi berkeadilan.

Penulis: Bobby Constantine Koloway
Editor: Dwi Prastika
TRIBUNJATIM.COM/BOBBY CONSTANTINE
Perkumpulan Penghuni Tanah Surat Ijo Surabaya (P2TSIS) bertemu Wakil Wali Kota Surabaya, Armuji di Balai Kota Surabaya, Rabu (9/6/2021). 

Reporter: Bobby Constantine Koloway | Editor: Dwi Prastika

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Perkumpulan Penghuni Tanah Surat Ijo Surabaya (P2TSIS) berharap biaya retribusi ke depan bisa ditekan.

Diharapkan, kepastian tersebut juga tertuang dalam Peraturan Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN). 

"Jika melihat dinamika sekarang, retribusi menjadi beban. Sehingga, kami berharap ada rumusan pajak yang berkeadilan," kata Ketua Dewan Pengawas Perkumpulan Penghujung Tanah Surat Hijau, M Farid saat bertemu Wakil Wali kota Surabaya, Armuji di Balai Kota Surabaya, Rabu (9/6/2021). 

Sehingga, besaran retribusi diharap bisa ditekan seminimal mungkin. Menurutnya, retribusi seharusnya didasarkan pada bentuk bangunan, bukan sekadar lokasi. 

"Selama ini, pajak dikeluarkan berdasarkan zonasi. Padahal, dalam satu jalan ada gedung, ada gubuk. Ini tidak boleh dibuat sama. Sehingga, kami berharap ada berkeadilan," katanya. 

Dia mengatakan, regulasi tersebut sebaiknya tertulis di Peraturan Menteri. Peraturan Menteri ini nantinya akan menjadi payung hukum setelah tanah surat ijo resmi dilimpahkan dari pemerintah kota kepada pemerintah pusat. 

Dalam merumuskan Peraturan Menteri ini, Pemerintah Kota Surabaya harus ikut memberikan masukan.

"Sehingga, sasarannya cocok dan klop dengan masyarakat maupun pemerintah kota," katanya. 

Saat menyusun Peraturan Menteri, ia juga mendorong pemerintah kota dengan membawa aspirasi masyarakat, duduk satu meja dengan kementerian.

Baca juga: BPN Jatim Fasilitasi Penyelesaian Surat Ijo di Kota Surabaya hingga Tingkat Menteri

Halaman
123
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved