Breaking News:

Berita Lamongan

Ketua Divisi Advokasi Hukum Majelis Hukum dan HAM Pusat Temui Aisyiyah Lamongan, Ini Tujuannya

Pos Bantuan Hukum (Posbakim) Aisyiyah PD Lamongan yang berdiri dua tahun lalu mendapat perhatian dari Majelis Hukum dan HAM

surya/Hanif Manshuri
Ketua Divisi Advokasi Hukum Majelis Hukum dan HAM Pimpinan Pusat ‘Aisyiyah, Nevi Farida Ariyani memberikan pembekalan kepada jajaran Majelis Hukum dan HAM PD Aisyiyah Lamongan, di Gedung PD Muhammadiyah, Jumat (11/6/2021). 

Reporter : Hanif Manshuri | Editor : Yoni Iskandar

TRIBUNJATIM.COM, LAMONGAN - Keberadaan Pos Bantuan Hukum (Posbakim) Aisyiyah PD Lamongan yang berdiri dua tahun lalu mendapat perhatian dari Majelis Hukum dan HAM yang juga Ketua Divisi Advokasi Hukum Majelis Hukum dan HAM Pimpinan Pusat ‘Aisyiyah, Nevi Farida Ariyani.

Wanita karier yang juga orang Kemenkum HAM RI itu, hadir memberikan motivasi kepada jajaran Majelis Hukum dan HAM PDA Lamongan, di Gedung PD Muhammadiyah, Jumat (11/6/2021).

Kedatangan Nevi disambut langsung Ketua Pimpinan Aisyiyah Daerah Hj Sumu Zanarofah dan melibatkan 27 utusan cabang MHH PCA se - Kabupaten Lamongan.

Nevi Farida Ariyadi banyak memberi pembekalan bagaimana seharusnya Posbakum Aisyiyah dalam praktiknya memberikan bantuan hukum pada warga masyarakat.

Para awak Posbakum juga harus memahami betul dalam melakukan pendampingan hukum kepada masyarakat, baik yang bersifat litigasi maupun non litigasi.

Nevi juga memaparkan, dan harus selalu dipedomani, bahwa keberadaan Posbakum itu untuk membantu masyarakat yang tidak mampu yang sedang berhadapan dengan masalah hukum.

Pendampingan yang bersifat litigasi yakni pada tingkat penyidikan dan persidangan.

Baca juga: 436 Kasus Hukum dan HAM yang Dicatat LBH Surabaya Selama 2018, Angka Itu Meningkat Dari Tahun Lalu

Posbakum juga harus mempunyai kemampuan yang bersifat non litigasi, yakni pada tingkat penyuluhan hukum, konsultasi hukum, investigasi perkara baik electronik maupun non electronik, mediasi, negosiasi, penelitian hukum, pemberdayaan masyarakat.

"Termasuk pendampingan diluar pengadilan dan atau drafting dokumen hukum, " katanya.

Sementara itu, Ketua PD Aisyiyah, Sumu Zanarofah, menyambut baik silaturrahim MHH PPA terkait dengan terbentuknya Posbakim di
PD Aisyiyah Lamongan untuk memberikan bantuan hukum kepada masyarkat yang membutuhkan dengan pendampingan yang akan disiapkan advokat dan para legalnya.

Sedang Ketua MHH PD Aisyiyah Lamongan, Faridatul Bahiyah menambahkan, Posbakum ‘Aisyiyah selama ini sudah banyak berkiprah memberikan advokasi hukum kepada masyarakat.

"Sejak berdiri pada 2019, kita sudah puluhan kali memberi bantuan hukum pada masyarakat, " kata Farida kepada TribunJatim.com.

Berita tentang Pos Bantuan Hukum

Penulis: Hanif Manshuri
Editor: Yoni Iskandar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved