Breaking News:

Berita Sidoarjo

Penerapan Parkir Elektronik di Sidoarjo Belum Jelas

Rencana penerapan e-parkir atau parkir elektronik di Sidoarjo tak kunjung ada kejelasan. Kendati kerangka acuan kerja (KAK)-nya sudah ada, program itu

Penulis: M Taufik | Editor: Yoni Iskandar
TRIBUNJATIM.COM/NURUL AINI
Pengguna parkir membeli kartu e Parkir di loket yang dibuka bank, Jumat (4/8/2017) 

Reporter : M Taufik | Editor : Yoni Iskandar

TRIBUNJATIM.COM, SIDOARJO - Rencana penerapan e-parkir atau parkir elektronik di Sidoarjo tak kunjung ada kejelasan. Kendati kerangka acuan kerja (KAK)-nya sudah ada, program itu belum dipastikan kapan lelangnya.

Menurut Ketua Tim Koordinasi Kerja Sama Daerah (TKKSD) Sidoarjo, Achmad Zaini, revisi terhadap KAK penerapan parkir berlangganan sudah selesai dilakukan.

Namun, dia mengaku masih perlu merapatkan kembali KAK tersebut di internalnya. Setelah itu, baru Pemkab Sidoarjo akan melaunching KAK tersebut sebelum menggelar lelang terbuka terkait pengelola e-parkir di Sidoarjo.

"Memang KAK nya sudah masuk semingguan ini. Cuma masih belum dibahas. Nanti kalau sudah selesai, baru bisa lanjut ke tahap berikutnya," kata Zaini.

Sejauh ini dia menyebut belum bisa dipastikan, kapan lelang parkir elektronik digelar. Artinya, pelaksanaan atau penerapan sistem parkir elektronik pun belum jelas kapan dimulai.

Baca juga: Lelang e-Parkir Sidoarjo Kembali Terhambat

"Kalau pembahasan KAK-nya alot. otomatis butuh waktu lebih. Pembahasan paling krusialnya ada di potensi pendapatan, bagi hasil, dan persyaratan bagi pihak ketiga yang akan mengikuti lelang," ujar dia kepada TribunJatim.com.

Sambil menunggu semua proses itu, pihaknya berharap agar dinas teknis pengelola lahan parkir bisa lebih memaksimalkan retribusi lahan parkir dari penggunaan karcis parkir yang ada.

Ya, rencana pemberlakukan parkir elektronik di Sidoarjo memang sudah lama terkatung-katung. Berbagai hal jadi penghambat, termasuk KAK, Lelang, dan sebagainya.

Lelang e-parkir sendiri, awalnya dijadwalkan pada minggu kedua bulan Mei 2021. Namun karena ada beberapa poin dalam draft KAK yang perlu diperbaiki, maka finalisasi draft tersebut harus ditunda terlebih dahulu. Bahkan setelah revisi selesai, lelang pun belum bisa dilakukan.

Kondisi ini juga bakal berdampak pada jadwal penerapan parkir elektronik di Sidoarjo, yang sejatinya direncanakan mulai aktif pada bulan Juli 2021 mendatang.

Parkir elektronik merupakan terobosan Pemkab Sidoarjo untuk mengelola sistem perparkiran di Sidoarjo.

Sebelumnya, selama bertahun-tahun diterapkan parkir berlangganan. Tapi karena banyak protes dan kerap dikeluhkan masyarakat, parkir berlangganan pun dihentikan.

Berita tentang e-parkir

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved