Berita Surabaya

Seleksi PPDB Jalur Prestasi di Surabaya Ramai Peminat, Berikut Jumlahnya

Jalur prestasi PPDB tahun 2021 ini diperuntukkan bagi dua kategori. Pertama, bagi siswa yang memiliki Nilai Rapor Sekolah (NRS) Kota Surabaya dan juga

SURYA/HABIBUR ROHMAN
Peserta mengikuti seleksi pada hari pertama pendaftaran untuk Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) jalur penghafal kitab suci di Kantor Kementerian Agama Kota Surabaya, senin (7/6/2021). Seleksi hasil kerjasama Dispendik dan Kemenag ini membagi menjadi beberapa kategori, diantaranya Agama Islam, Katolik dan Budha dengan menggunakan beberapa kreteria. 

Reporter : Bobby Koloway | Editor : Yoni Iskandar

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Seleksi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) jenjang SMP telah dimulai. Di antaranya, adalah jalur prestasi yang bakal dibuka pendaftarannya pada 16-20 Juni 2021 mendatang.

Jalur prestasi PPDB tahun 2021 ini diperuntukkan bagi dua kategori. Pertama, bagi siswa yang memiliki Nilai Rapor Sekolah (NRS) Kota Surabaya dan juga juara perlombaan.

Kedua, bagi penghafal atau menguasai kitab suci.

“Khusus yang hafal atau menguasai kitab suci ini, kami (pemkot) menggandeng pihak berwenang seperti Kemenag dan tokoh agama," kata Pelaksana Tugas Kepala Bidang Sekolah Menengah Dinas Pendidikan Kota Surabaya Tri Aji Nugroho.

Ini tidak hanya berlaku bagi agama Islam. Namun, juga agama lainnya seperti Kristen, Katholik, Budha, dan Konghucu.

Diperkirakan, potensi pendaftar jalur prestasi ini cukup tinggi. Apalagi, kalau dilihat dari jalur prestasi kategori juara perlombaan.

Terutama jika dilihat dari penghafal atau menguasai kitab suci. Jumlahnya, mencapai 233 siswa (terdiri dari 90 siswa yang mengikuti tes di Kemenag dan juga 143 siswa penerima beasiswa hafidz Qur’an dari Pemkot Surabaya melalui Dispendik Surabaya).

Pengujian bagi penghafal Kitab Suci pun telah dilakukan Kemenag pekan ini. Selain itu, Pemkot Surabaya sebelumnya juga memiliki program hafidz Qur'an.

Baca juga: Seleksi PPDB Surabaya Jalur Prestasi Dimulai, Puluhan Penghafal Kitab Suci Unjuk Kebolehan

Berapa tahun ini Pemkot memiliki program beasiswa bagi hafidz Qur’an. Pada akhir April lalu, mereka sudah dilakukan tes dan mendapatkan beasiswa.

Jumlahnya sekitar 143 siswa kelas 6 SD.

"Nah, mereka ini juga berhak mendaftar di jalur prestasi pada PPDB tahun 2021 ini,” tegasnya.

Aji juga merinci potensi pendaftar jalur prestasi dari sisi agama. Khusus siswa yang beragama Islam diprediksi sekitar 177 pendaftar, terdiri dari penerima beasiswa hafidz Qur’an sebanyak 143 siswa ditambah 34 siswa yang mengikuti tes di Kemenag.

Kemudian siswa yang beragama Hindu 11 siswa, Agama Katolik 9 siswa, dan Agama Kristen 36 siswa. “Sekali lagi, ini adalah potensi pendaftar yang mungkin akan ikut dalam jalur prestasi khusus penghafal atau menguasai kitab suci,” ujarnya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved