Breaking News:

Berita Sidoarjo

Antisipasi Preman Beraksi, Polresta Sidoarjo Rajin Gelar Patroli

Premanisme benar-benar jadi atensi. Belakangan, petugas Polresta Sidoarjo dan polsek jajarannya semakin gencar melakukan patroli dengan sasaran aksi p

Penulis: M Taufik | Editor: Ndaru Wijayanto
surya/ M Taufik
Polisi saat melakukan patroli, mengantisipasi terjadinya premanisme di Sidoarjo 

Reporter: M Taufik I Editor: Ndaru Wijayanto

TRIBUNJATIM.COM, SIDOARJO - Premanisme benar-benar jadi atensi. Belakangan, petugas Polresta Sidoarjo dan polsek jajarannya semakin gencar melakukan patroli dengan sasaran aksi premanisme.

Pusat-pusat keramaian, seperti terminal, stasiun, pasar, mal, dan sejumlah objek vital lain, menjadi sasaran utama patroli petugas.

"Untuk menekan kriminalitas. Khususnya mengantisipasi aksi premanisme di Sidoarjo," kata Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol Sumardji, Minggu (1/6/2021).

Menurutnya, patroli ini digelar setiap hari. Pada jam-jam tertentu dengan sasaran lokasi yang dianggap rawan, atau titik yang berpotensi terjadi premanisme.

"Kita terus lakukan patroli ini setiap hari untuk mencegah terjadinya tindak kriminalitas dan sebagai antisipasi preman beraksi. Sehingga dapat terwujudnya kondusifitas kamtibmas wilayah kita,” lanjut Sumardji.

Kapolres juga berpesan kepada personelnya yang melakukan patroli untuk melaksanakan tugas dengan sungguh - sungguh dan secara humanis.

Selama melakukan patroli, para personel juga diminta untuk mencari informasi terkait dengan kondisi dan keadaan wilayah tersebut. Potensi terjadinya premanisme harus dipetakan.

Menurut dia, pengamanan terhadap obyek vital juga akan lebih diperketat.

Hal ini dikarenakan di Kabupaten Sidoarjo terdapat Bandara Internasional Juanda dan Terminal Bus Purabaya, yang merupakan salah satu terminal besar di Jawa Timur.

Selain itu juga terdapat banyak pabrik dan pasar yang dapat menjadi sasaran mudah terjadinya aksi premanisme yang meresahkan.

Apalagi, beberapa waktu lalu juga terjadi premanisme di Terminal Purabaya di Bungurasih, Sidoarjo. Seorang anggota TNI babak belur dikeroyok oleh sejumlah preman di Bungurasih.

Selain melakukan patroli, Kapolresta Sidoarjo juga memerintahkan Satreskrim Polresta Sidoarjo dan Polsek jajaran untuk bergerak cepat merespon apabila ada laporan dari masyarakat terkait aksi premanisme.

Di sisi lain, masyarakat diimbangi untuk segera melapor jika melihat ada preman beraksi. Laporan dapat menggunakan aplikasi Dumas Presisi dan layanan Hotline Polisi 110, yang dapat mempermudah proses pelaporan.

“Jangan takut lapor ke polisi, jika ada tindak kejahatan atau aksi premanisme, segera laporkan. Petugas akan langsung bergerak. Mari bersama-sama jogo Sidoarjo tetap aman dan kondusif,” pesan kapolres.

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved