Breaking News:

Berita Ponorogo

Cerita Mensos Risma Telepon Kapolres Malang: Kaum Disabilitas Paling Berhak Mendapatkan Bansos

Menteri Sosial Tri Rismaharini meminta TKSK (Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan) untuk mengutamakan kaum disabilitas dalam pendataan dan pemetaan

Penulis: Sofyan Arif Candra Sakti | Editor: Januar
TribunJatim.com/ Sofyan Arif Candra
Menteri Sosial Tri Rismaharini Mengutamakan Kaum Disabilitas Agar Mendapatkan Bantuan Sosial 

Reporter: Sofyan Arif Candra | Editor: Januar AS

TRIBUNJATIM.COM, PONOROGO - Menteri Sosial Tri Rismaharini meminta TKSK (Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan) untuk mengutamakan kaum disabilitas dalam pendataan dan pemetaan sosial.

Menurut Risma, sapaan akrabnya, kaum disabilitas merupakan kelompok yang paling berhak masuk ke dalam pendataan penerima manfaat.

"Banyak saudara disabilitas kita yang tidak masuk data, padahal mereka paling berhak," ucap Risma saat menghadiri Bimtek TKSK di Pendopo Pemkab Ponorogo, Senin (14/6/2021).

Menurut Mantan Wali Kota Surabaya ini, banyak faktor yang menyebabkan tidak masuknya kaum disabilitas kedalam data penerima manfaat.

Salah satunya, kaum disabilitas tidak mempunyai e-KTP (Kartu Tanda Penduduk).

Seperti halnya tuna netra yang tidak bisa scan mata lalu penyandang disabilitas yang tak punya jari tidak bisa rekam sidik jari.

"Jika teman-teman TKSK mengetahuinya, informasikan ke Dinsos dan Dispendukcapil agar mereka ikut direkam (e-KTP)," lanjutnya.

Dalam kesempatan itu, Risma juga menegaskan tidak akan main-main jika ada bantuan sosial (Bansos) dari Kemensos yang tidak sampai ke penerima manfaat karena kecurangan petugas seperti halnya yang terjadi di Malang.

"Di Malang, kartu rekening dibawa salah satu pendamping selama 5 tahun, saya lapor langsung ke Kapolres saya ingin (orang tersebut) dihukum," tukas Risma.

"Ini haknya orang miskin. Bagaimana mungkin kita mengambil hak orang tidak mampu," lanjutnya.

Untuk itu, Risma meminta TKSK lebih proaktif dalam melakukan pemetaan dan pendataan untuk memastikan kaum disabilitas mendapatkan Bansos.

Baca juga: Diteriaki Turun Panggung karena Nyanyian Fals, 2 Pemuda Pengunjung Kafe AOLA Lamongan Lempar Kursi

Kumpulan berita Ponorogo terkini

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved