Breaking News:

Berita Madura

Dinas Pertanian Sampang Berharap Poktan Pelihara Sapi Hasil Hibah dengan Cara Kandang Koloni

Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Sampang berharap poktan memelihara sapi hasil hibah tahun ini dengan cara kandang koloni.

Penulis: Hanggara Syahputra | Editor: Dwi Prastika
TRIBUNJATIM.COM/HANGGARA PRATAMA
Ilustrasi sapi 

Reporter: Hanggara Syahputra | Editor: Dwi Prastika

TRIBUNJATIM.COM, SAMPANG - Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (Disperta KP) Kabupaten Sampang, Madura, berharap hasil bantuan hibah sapi kepada kelompok tani (poktan) tahun ini dirawat menggunakan kandang koloni, Minggu (13/6/2021).

Sebab, cara perawatan tersebut akan mempermudah pengawasannya, mengingat sapi berada di dalam satu lokasi.

Kepala Bidang (Kabid) Peternakan dan Kesehatan Hewan Disperta KP Sampang, Hendra Gunawan mengatakan, pihaknya mendapat bagian pengawasan dalam program bantuan hibah sapi yang berasal dari aspirasi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sampang tersebut.

Untuk pengawasannya, petugas dari instansinya selalu melakukan monitoring dua bulan sekali ke poktan atau penerima bantuan hibah sapi.

Tujuannya, untuk memastikan kondisi kesehatan sapi apakah berkembang atau tidak.

"Dalam pengawasan ini tidak ada batasan waktu, jadi setiap dua bulan sekali kami lakukan pengawasan untuk memberikan evaluasi," ujarnya.

Sementara, berdasarkan petunjuk teknis (junkis) dari program hibah tersebut, dalam perawatan sapi tergantung dari kebijakan kelompok masing-masing.

Sehingga, setiap poktan bisa menjadikan sapi dalam kandang koloni, ataupun dirawat di masing-masing anggota, tergantung kondisi yang ada.

"Kalau penerima bantuan di 2020, ada 4 poktan penerima, masing-masing mendapatkan 10 ekor sapi, kemudian dari sejumlah poktan itu yang memberlakukan kandang koloni hanya satu poktan," ucap Hendra Gunawan.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved