Breaking News:

Berita Kabupaten Mojokerto

Produk Komponen Furniture Asal Jetis Mojokerto Tembus Pasar AS dan Korea Selatan

Produk karya perajin komponen furniture asal Jetis Mojokerto tembus pasar AS dan Korea Selatan. Mayoritas berbahan dasar kayu karet dan mahoni.

Penulis: Mohammad Romadoni | Editor: Dwi Prastika
TRIBUNJATIM.COM/MOHAMMAD ROMADONI
Suwono, perajin asal Dusun Gondang, Desa Parengan, Kecamatan Jetis, Kabupaten Mojokerto menunjukkan komponen furniture pesanan dari buyer Amerika, Minggu (13/6/2021). 

Reporter: Mohammad Romadoni | Editor: Dwi Prastika

TRIBUNJATIM.COM, MOJOKERTO - Suwono (40) perajin asal Dusun Gondang, Desa Parengan, Kecamatan Jetis, Kabupaten Mojokerto, memproduksi komponen furniture yang produknya diekspor ke Amerika Serikat dan Korea Selatan.

Dia adalah pelaku usaha Industri Kecil Menengah (IKM) dalam naungan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Mojokerto, yang bermitra dengan perusahaan-perusahaan furniture.

"Saya khusus membuat komponen furniture berupa kaki-kaki kayu seperti meja rias dan meja minimalis standar ekspor ke perusahaan furniture, yang dikirim ke Korea Selatan dan Amerika Serikat," ungkap Suwono, Minggu (13/6/2021).

Dia mengatakan, pengalaman di bidang usaha IKM furniture sejak 10 tahun itu memproduksi komponen furniture standar ekspor dari sejumlah mitra perusahaan furniture ternama.

Meski hanya tamatan kelas III SD, kemampuan dan keterampilan dia membuat segala desain dan bentuk furniture tak perlu diragukan lagi.

Suwono pernah bekerja membuat furniture di perusahaan elite sehingga dari pengalaman itulah dia dapat mengaplikasikan desain apapun sesuai permintaan yang paling disukai oleh orang luar negeri.

Sehingga, tak jarang dia diundang oleh perwakilan perusahaan-perusahaan untuk diskusi terkait desain yang menyesuaikan selera dan sekaligus permintaan buyer (pembeli) dari luar negeri.

"Perwakilan perusahaan furniture sering diskusi kalau desain memang dari pemesanannya, namun saat diaplikasikan bentuknya perlu perhitungan matang agar sesuai selera orang luar negeri," jelasnya.

Menurut dia, mayoritas produk komponen furniture berbahan dasar kayu karet dan mahoni standar ekspor, dengan tingkat kekeringan atau kadar air minimal 18 persen sampai 12 persen.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved