Breaking News:

Berita Politik

Tokoh Populer Disarankan Dampingi Airlangga di Pilpres 2024, Pengamat: Peluangnya Besar

Pemilihan Presiden (pilpres) 2024 diprediksi akan sangat berat dilalui oleh tokoh-tokoh non-kader.

Penulis: Ndaru Wijayanto | Editor: Ndaru Wijayanto
TRIBUNJATIM.COM/LUHUR PAMBUDI
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI, sekaligus Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN), Airlangga Hartarto dalam audiensi bersama Direksi, Pimred & Manajer Tribun Network se-Indonesia via Zoom, Kamis (7/1/2021). 

Editor: Ndaru Wijayanto

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 diprediksi akan sangat berat dilalui oleh tokoh-tokoh non-kader.

Akan tetapi perjalanan politik tokoh non-kader akan lebih ringan bila berkolaborasi dengan figur-figur 'pemilik' atau setidaknya elite partai politik.

Pengamat politik, Usni Hasanudin mengatakan, tokoh-tokoh populer dan elektable namun bukan kader parpol sebaiknya berkolaborasi dengan calon usungan partai.

Dikatakannya, tokoh populer seperti Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil baiknya melakukan langkah itu.

Dia mencontohkan, Anies bisa maju bersama Ketum Golkar Airlangga Hartarto. Tentu saja dengan sokongan partai lain untuk memenuhi ambang batas presidential treshold 20 persen.

"Peluangnya besar, apalagi figur sekelas Anies. Ini yang paling rasional," kata Usni dari keterangan tertulis, Senin (14/6/2021).

Golkar selaku pengusung Airlangga, kata dia, bisa menggandeng partai Islam yang senafas dengan Anies Baswedan, untuk lebih merangkul kalangan religius.

PKS misalnya. Selepas itu, memilih kira-kira siapa figur populer dan elektabel yang pas untuk mendampingi Airlangga.

"Dengan begitu, lumbung suara akan lebih beragam, tidak hanya dari unsur nasionalis sehingga secara agregat lebih besar," ujar Usni.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved