Breaking News:

Berita Batu

Kota Batu Segera Miliki Perpustakaan Daerah

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan akan merenovasi sebuah gedung milik Pemkot Batu untuk dijadikan Perpustakaan Daerah Kota Batu.

Penulis: Benni Indo | Editor: Yoni Iskandar
Benni Indo/Surya
Dinas Perpustakaan dan Kearsipan akan merenovasi sebuah gedung milik Pemkot Batu untuk dijadikan Perpustakaan Daerah Kota Batu. Gedung tersebut terletak di Jl Kartini No 16, bersebelahan dengan markas pemadam kebakaran. 

Reporter : Benni Indo | Editor : Yoni Iskandar

TRIBUNJATIM.COM, BATU - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan akan merenovasi sebuah gedung milik Pemkot Batu untuk dijadikan Perpustakaan Daerah Kota Batu. Gedung tersebut terletak di Jl Kartini No 16, bersebelahan dengan markas pemadam kebakaran.

Dulunya, gedung itu menjadi kantor Dinas Ciptakan Karya. Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Batu, Santi Restuningsasi mengatakan, pembangunan gedung Perpustakaan Daerah itu ditargetkan selesai dalam waktu dekat. Pemenang lelang adalah PT Lawang Pitu Dalam dari Kota Malang.

"Berdasarkan Harga Perkiraan Sendiri (HPS) sekitar Rp 2,6 miliar. Kemudian setelah dilakukan lelang diterima dengan harga penawaran dari kontraktor sebesar Rp 1,9 miliar," ujar Santi, Selasa (15/6/2021).

Kata dia, sebelum deal dengan kontraktor saat ini. Pihaknya terus berkoordinasi dengan Bagian Layanan Pengadaan (BLP) Kota Batu. Penentuan pemenang tersebut telah dilakukan pada 10 Mei 2021 lalu.

"Melihat hasil situs layanan pengadaan secara elektronik (LPSE). Jumlah peserta yang mengikuti tander tersebut ada sebanyak 76 CV dan PT," ungkap dia kepada TribunJatim.com.

Baca juga: Pemkot Batu Usul 56 CPNS dan Ratusan P3K ke Kemenpan RB

Sementara itu, dari gedung yang telah ada saat ini, 70 persen struktur bangunan akan dilakukan rehabilitasi. Hal tersebut juga sesuai dengan Detail Engineering Design (DED) yang telah dibuat.

Perpustakaan akan terdiri atas dua lantai. Dua lantai itu akan dipenuhi dengan 10 ribu koleksi buku.

"Selain itu juga akan sarana dan prasarana penunjang lain. Contohnya seperti ruang laktasi," katanya.

Perpustakaan juga akan ditunjang fasilitas disabilitas, lansia dan anak-anak. Renovasi tersebut sebagai ikhtiar meningkatkan literasi baca di Kota Batu.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved