Breaking News:

Berita Nganjuk

Sediakan Makanan Sehat untuk Masyarakat, Pemkab Nganjuk Dorong Pengembangan Produksi Padi Organik

Sediakan makanan sehat untuk masyarakat, Pemkab Nganjuk mendorong pengembangan produksi padi organik, yang menggunakan pupuk organik.

Penulis: Achmad Amru Muiz | Editor: Dwi Prastika
TRIBUNJATIM.COM/ACHMAD AMRU MUIZ
Plt Bupati Nganjuk, Marhaen Djumadi bersama Forpimda Kabupaten Nganjuk memanen padi sehat organik yang mulai dikembangkan petani di Desa Kwagean, Kecamatan Loceret, Kabupaten Nganjuk, Senin (14/6/2021). 

Reporter: Achmad Amru Muiz | Editor: Dwi Prastika

TRIBUNJATIM.COM, NGANJUK - Pemkab Nganjuk mendorong pengembangan produksi padi organik sebagai upaya menyediakan makanan sehat untuk masyarakat.

Hal itu dilakukan dengan mulai memanen padi sehat yang ditaman dan dikembangkan secara dempot oleh petani di Kabupaten Nganjuk, dengan menggunakan pupuk organik.

Plt Bupati Nganjuk, Marhaen Djumadi mengatakan, melihat hasil tanaman padi sehat dalam dempot yang cukup baik, ke depan tidak menutup kemungkinan pengembangan padi sehat akan dilakukan perluasan.

Bila saat ini pengembangan dalam dempot masih di bawah 1 hektare, maka nantinya bisa diperluas menjadi minimal 5 hektare dan seterusnya.

"Itu strategi pangan untuk menghasilkan makanan sehat bagi masyarakat Kabupaten Nganjuk. Dan itu bisa diawali dengan padi sehat ini, yang akan terus dikembangkan dan diperluas area tanamnya," kata Marhaen Djumadi seusai melakukan panen padi sehat di Desa Kwagean, Kecamatan Loceret, Kabupaten Nganjuk, Senin (14/6/2021).

Dijelaksan Marhaen Djumadi, dalam budi daya padi sehat tersebut, semuanya menggunakan pupuk organik. Artinya, tanaman padi tersebut tidak menggunakan pupuk kimia atau pupuk anorganik seperti yang biasa dilakukan petani selama ini.

Dengan demikian, produk tanaman padi sehat tersebut tentunya juga tidak banyak mengandung bahan kimia, sehingga lebih sehat dikonsumsi.

Baca juga: Cetak SDM Unggul, Pemkab Nganjuk Gelar Pelatihan Digital Entrepreneurship Academy

"Dengan makanan yang tidak banyak mengandung zat kimia berbahaya itu, maka tubuh kita bisa terhindar akan zat beracun," ucap Marhaen Djumadi.

Memang, diakui Marhaen Djumadi, upaya Pemkab Nganjuk melalui produksi padi sehat tanpa menggunakan pupuk anorganik juga sebagai upaya mengatasi kelangkaan pupuk subsidi.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved