Breaking News:

Berita Kota Batu

Realisasikan Target PAD dari Retribusi Parkir, Dishub Kota Batu Gandeng Kejaksaan Negeri

Untuk merealisasikan target pendapatan asli daerah (PAD) dari retribusi parkir, Dishub Kota Batu menggandeng Kejaksaan Negeri Kota Batu.

Penulis: Benni Indo | Editor: Dwi Prastika
TRIBUNJATIM.COM/BENNI INDO
Sekretaris Dinas Perhubungan Kota Batu, Adiek Iman Santoso berinteraksi dengan seorang jukir di kawasan Alun-alun Kota Batu, 2021. 

Reporter: Benni Indo | Editor: Dwi Prastika

TRIBUNJATIM.COM, KOTA BATU - Langkah menjanjikan ditempuh oleh Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Batu dengan menggandeng Kejaksaan Negeri Kota Batu dalam mengawal Perda Nomor 3 Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Parkir di Tepi Jalan Umum. Lalu ditindaklanjuti dengan Peraturan Wali Kota Batu Nomor 25 Tahun 2020 tentang Tata Cara Pemungutan Pajak Parkir.

Hal itu dilakukan untuk merealisasikan target pendapatan asli daerah (PAD) dari parkir sebanyak Rp 8,5 miliar.

Pasalnya, hingga memasuki paruh tahun 2021, perolehan retribusi parkir masih belum bisa menembus 2 persen. Data terbaru pada pekan lalu mencatat, perolehan retribusi parkir sebanyak 1,64 persen atau Rp 139 juta.

Kepala Dishub Kota Batu, Imam Suryono menjelaskan, pendampingan dari aparat penegak hukum sangat diperlukan untuk menertibkan Perda.

"Setelah melakukan kerja sama ini, kami berharap jalannya Perda bisa dilaksanakan dengan baik. Ketika sudah berjalan baik, maka diharapkan target retribusi yang dicanangkan bisa tercapai," ujar Imam.

Rendahnya perolehan retribusi parkir ditengarai karena pelaksanaan Perda Nomor 3 Tahun 2020 kurang maksimal. Di samping itu, jumlah SDM di Dishub yang mengawasi para jukir juga sedikit.

Seharusnya, setiap orang yang parkir mendapatkan karcis parkir dari juru parkir (jukir). Hanya saja, banyak jukir tidak memberikan karcis parkir.

"Dalam Perda tersebut juga sudah diatur sanksinya karena fasilitas negara harus dikelola dengan baik. Oleh sebab itu, jukirnya juga harus baik," ujar dia.

Sementara itu, Kepala Kejari Kota Batu, Supriyanto mengatakan, pihaknya akan memberikan sanksi pidana terhadap pihak-pihak yang melanggar Perda. Terutama bagi mereka yang telah diingatkan, namun tidak mengindahkan imbauan.

Baca juga: Tambahan Penghasilan Pegawai PNS Kota Batu Segera Cair, Punjul Santoso Berpesan Agar Bisa Ditabung

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved