Breaking News:

Berita Madura

Strategi Pemkab Pamekasan Pastikan Jatah Makan Lansia Dua Kali Sehari Tepat Waktu

Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur mulai tahun 2021 ini mulai memberikan jatah makan dua kali sehari kepada para lanjut

Penulis: Kuswanto Ferdian | Editor: Januar Adi Sagita
TribunJatim.com/ Kuswanto Ferdian
Bupati Pamekasan, Baddrut Tamam saat mengantarkan langsung makanan untuk lansia mengendarai motor yang di belakangnya ada rombongnya untuk diberikan ke lansia yang tinggal di Kelurahan Barurambat Kota, Kabupaten Pamekasan, Madura, Selasa (15/6/2021). 

Reporter: Kuswanto Ferdian | Editor: Januar AS

TRIBUNMADURA.COM, PAMEKASAN - Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur mulai tahun 2021 ini mulai memberikan jatah makan dua kali sehari kepada para lanjut usia (lansia) sebatangkara melalui program 'Simpati Lansia'.

Kepala Dinsos Pamekasan, Moch. Tarsun menjelaskan, untuk mensukseskan program 'Simpati Lansia' ini, pihaknya melibatkan relawan dari Fatayat Nahdlatul Ulama untuk mengantarkan nasi kepada lansia penerima bantuan setelah melalui proses verifikasi dan validasi data untuk memastikan bantuan makan tersebut tepat sasaran.

Kata dia, Dinsos Pamekasan memiliki 15 pendamping lansia, dengan rincian satu kecamatan satu pendamping, sementara dua pendamping sisanya berada di kantor Dinsos yang memiliki tugas menerima laporan dari pendamping di lapangan dan memastikan jatah nasi yang diberikan kepada lansia tepat waktu, pagi hari dan sore hari.

"Kami sediakan 13 box untuk wadah rantang itu, satu kecamatan satu pendamping. Pendamping itu bukan pengantar nasi, tetapi mengawasi dan memastikan bahwa paket makanan itu sampai, tepat waktu, tepat menu, kemudian mencatat permasalahan yang ada di lapangan," kata Moch. Tarsun kepada TribunMadura.com, Rabu (16/6/2021).

Dia memastikan, jatah makan dua kali sehari tersebut akan terus berjalan sesuai dengan program yang telah dicanangkan. 

Baca juga: Jatuh Bangun Kelompok Batik Kembang Turi Kota Blitar Bertahan di Tengah Pandemi

Sebab, program ini merupakan salah satu bentuk kepedulian pemerintah daerah, terutama Bupati Baddrut Tamam kepada para lansia sebatangkara di daerahnya.

Adapun kategori lansia yang berhak mendapatkan jatah makan dua kali sehari sesuai peraturan bupati (perbup), salah satunya lansia sebatangkara, lansia hidup bersama disabilitas tidak produktif, dan lansia yang hidup bersama anak tidak produktif.

"Kami pilih relawan dari fatayat, karena fatayat itu punya struktur pengurus hirarki hingga ke tingkat desa. Termasuk, personal-personalnya menyebar," terangnya.

Tarsun berharap, program tersebut bisa bermanfaat kepada para lansia di Pamekasan

Selain untuk meringankan beban hidup lansia, bantuan yang diberikan merupakan makanan bergizi untuk menjaga kesehatan mereka.

Kumpulan berita Madura Terkini

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved