Breaking News:

Berita Malang

Musim Kemarau, Harga Cabai Rawit di Kota Malang Turun, Ini Harganya Sekarang

Pasca Hari Raya Idul Fitri dan memasuki musim kemarau, harga sejumlah komoditi kembali stabil. Seperti yang terlihat di Pasar Besar, Kota Malang, Kami

Penulis: Kukuh Kurniawan | Editor: Ndaru Wijayanto
TRIBUNJATIM.COM/RIFKI EDGAR
Ilustrasi - Musim Kemarau, Harga Cabai Rawit di Kota Malang Turun 

Reporter: Kukuh Kurniawan I Editor: Ndaru Wijayanto

TRIBUNJATIM.COM, MALANG - Pasca Hari Raya Idul Fitri dan memasuki musim kemarau, harga sejumlah komoditi kembali stabil. Seperti yang terlihat di Pasar Besar, Kota Malang, Kamis (17/6/2021).

Salah satu komoditi yang mengalami penurunan harga adalah cabai rawit, dari yang semula Rp 40 ribu menjadi Rp 25 ribu per kilogram.

"Setelah lebaran dan memasuki musim kemarau, harganya bertahap turun, stoknya juga banyak, karena lagi musim panen," ujar salah satu pedagang Pasar Besar, Agus Salam kepada TribunJatim.com.

Dirinya menjelaskan, hal tersebut berpengaruh terhadap stok yang tersedia. Dimana setiap harinya, ia mengumpulkan stok sebanyak 40 kilogram.

"Kadang habis, kadang sisa 10 kilogram. Terkadang, jumlah stoknya nambah jadi 50 kilogram kalau ada permintaan dari depot-depot dan rumah makan," ungkapnya.

Dirinya juga menerangkan, tidak hanya cabai rawit saja yang mengalami penurunan harga. Cabai merah besar, bawang merah, dan bawang putih juga mengalami penurunan harga.

"Harga cabai merah besar, yang semula Rp 30 ribu menjadi Rp 18 ribu per kilogram. Kualitas cabainya super dan juga bagus-bagus. Untuk harga bawang merah, dari yang semula Rp 30 ribu menjadi Rp 25 ribu per kilogram. Sedangkan, harga bawang putih dari yang semula Rp 25 ribu menjadi Rp 24 ribu per kilogram," bebernya.

Meski begitu, dirinya mengaku ada beberapa komoditi yang justru mengalami kenaikan harga.

"Komoditi yang mengalami kenaikan harga, yakni cabai hijau, dari yang semula Rp 20 ribu menjadi Rp 35 ribu per kilogram. Kemudian, jeruk nipis, dari yang semula Rp 7 ribu menjadi Rp 18 ribu. Karena enggak musim panen, cuaca juga sudah panas. Kalau hujan, justru musim panen," tandasnya.

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved