Breaking News:

Berita Jember

Penipu Catut Nama Wabup Jember Gus Firjaun, Modus Pelaku Hubungi Pengelolaan Yayasan dan Ponpes

Nama Wakil Bupati Jember M Balya Firjaun Barlaman (Gus Firjaun) kembali dicatut orang untuk aksi penipuan. Pencatutan nama Gus Firjaun itu diketahui

Penulis: Sri Wahyunik | Editor: Januar
Ilustrasi penipuan yang mencatut nama Wabup Jember Gus Firjaun 

Reporter: Sri Wahyunik | Editor: Januar AS

TRIBUNJATIM.COM, JEMBER- Nama Wakil Bupati Jember M Balya Firjaun Barlaman (Gus Firjaun) kembali dicatut orang untuk aksi penipuan. Pencatutan nama Gus Firjaun itu diketahui sejak Kamis (17/6/2021) pagi.

Penipu memakai foto Gus Firjaun di 'profile picture' nomor WhatsApp. Nomor tersebut kemudian menghubungi sejumlah pengelola yayasan dan pondok pesantren. Penipu menyebut sedang menggalang donasi untuk pembangunan yayasan dan pondok pesantren.

"Iya muncul lagi, hari ini sudah ada lima orang yang konfirmasi langsung ke saya. Bertanya apa saya ganti nomor, dan mengirimkan WA seperti itu. Saya jawab dan tegaskan, kalau nomor saya hanya satu, yang berakhir 882. Dan tidak ada program seperti itu lewat WA," tegas Gus Firjaun saat dikonfirmasi Kamis (17/6/2021).

Beruntung, mereka yang mendapatkan WA dari nomor penipu berakhiran 5675 itu langsung menghubungi Gus Firjaun, atau bertanya kepada beberapa orang dekat Gus Firjaun.

Mereka yang langsung mengkonfirmasi kepada Gus Firjaun, atau asisten pribadinya, tidak sampai menjadi korban penipuan.

"Dulu pernah ada (awal-awal jadi Wabup). Modusnya memberi donasi kepada yayasan. Penipu memberitahu pengelola yayasan kalau orang yang mengaku bernama saya itu sudah mengirimkan sejumlah uang. Namun karena bantuan itu dibagi dua, sehingga diminta separonya dikirimkan ke nomor rekening tertentu," tutur Gus Firjaun.

Baca juga: Kurir Sabu Jaringan Lapas Diringkus Polisi Surabaya, Ditemukan Sabu, Ganja dan Obat Keras

Namun setelah dicek, bantuan itu tidak pernah ada. Pengurus yayasan juga akhirnya bertanya langsung kepada Gus Firjaun yang dijawab jika tidak pernah ada pemberian bantuan tersebut.

Gus Firjaun memang dikenal oleh kalangan yayasan lembaga pendidikan Islam, atau pondok pesantren. Sebab lelaki itu juga Pengasuh Ponpes Asshiddiqi Putera Talangsari.

Gus Firjaun mewanti-wanti masyarakat tidak mudah percaya dengan segala bentuk permintaan bantuan, atau pemberian bantuan yang memakai nama dirinya. Jika bantuan itu berasal dari program Pemkab Jember, tegas Gus Firjaun, pasti dilakukan secara resmi, mekanismenya melalui surat resmi.

"Kalau ada bantuan resmi pasti memakai surat resmi. Kalau hanya lewat SMS atau WA itu pasti bohong, tidak betul. Kalau ada yang mencatut nama saya, juga sebaiknya konfirmasi langsung ke saya, atau aspri, atau orang-orang yang tahu saya," tegasnya.

Kumpulan berita Jember terkini

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved