Breaking News:

Berita Sidoarjo

Angka Kehilangan Air PDAM Sidoarjo Masih Tinggi

Tingkat kehilangan air (TKA) di PDAM Delta Tirta Sidoarjo Masih terbilang tinggi. Posisinya berada di angka 36 persen.

Penulis: M Taufik | Editor: Yoni Iskandar
ISTIMEWA via Surya
PDAM Delta Tirta Sidoarjo. 

Reporter : M Taufik | Editor : Yoni Iskandar

TRIBUNJATIM.COM, SIDOARJO - Tingkat kehilangan air (TKA) di PDAM Delta Tirta Sidoarjo Masih terbilang tinggi. Posisinya berada di angka 36 persen.

Hal itu menjadi salah satu PR besar yang harus diselesaikan oleh direksi baru PDAM Sidoarjo yang baru saja dilantik beberapa hari lalu.

Menurut Direktur Utama PDAM Delta Tirta, Dwi Hary Soeryadi, pihaknya telah merancang sejumlah langkah untuk menuntaskan masalah TKA di perusahaan yang dipimpinnya tersebut.

Upaya yang disiapkan, antara lain dengan pemasangan alat Presure Reducing Valve (PRV), pemasangan zoning meter, rehabilitasi jaringan pipa yang kropos.

"Termasuk juga mengganti meter air yang sudah lama. Saat ini TKA PDAM ada di angka 36 persen, tentu harus diturunkan," kata Dwi Hary Soeryadi kepada TribunJatim.com, Jumat (18/6/2021).

Bersama jajaran direksi yang baru lainya, pihaknya juga tengah bertekad untuk memperbaiki pelayanan di PDAM Delta Tirta.

Karena selain memiliki tugas mencari provit, PDAM sebagai perusahaan pemerintah juga punya kewajiban dalam hal layanan publik.

Sebelumnya, Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor juga menyebut bahwa TKA yang normal ada di angka 20 persen. Artinya masih tingginya TKA PDAM itu juga perlu di turunkan.

"Kondisi itu harus diperbaiki bersama, termasuk pengecekkan rutin pipa bocor," ujar Gus Muhdlor, panggilan Ahmad Muhdlor.

Selain soal TKA, jajaran direksi baru PDAM juga memiliki pekerjaan penting. Yakni soal penuntasan pipanisasi air Umbulan. Agar lebih merata bisa mengakses ke seluruh warga Sidoarjo.

Baca juga: Lolos Uji Kelayakan, 20 Calon Direksi PDAM Delta Tirta Sidoarjo Tunggu Bertemu Bupati

Serapan Umbulan harus dimaksimalkan karena Sidoarjo mendapat stok 1200 liter per detik dan itu belum terserap seluruhnya.

Setelah tuntas tentang pipanisasi Umbulan, direksi baru juga harus memikirkan soal perbaikan instalasi pengolahan air.

Itu karena masih ada instalasi pengolahan air di Sidoarjo yang kinerjanya juga kurang bagus, sehingga perlu dimaksimalkan.

Beita tentang Delta Tirta

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved