Breaking News:

Berita Nganjuk

Tingkatkan Kompetensi SDM, Disnakerkop Nganjuk Bina BLK

Dinas Tenaga Kerja, Koperasi dan Usaha Mikro (Disnakerkop UM) Kabupaten Nganjuk komitmen tingkatkan kompetensi sumber daya manusia (SDM) berdaya saing

Penulis: Achmad Amru Muiz | Editor: Yoni Iskandar
istimewa
Disnakerkop UM Kabupaten Nganjuk lakukan pembinaan terhadap BLK Komunitas dalam upaya peningkatan SDM berdaya saing. 

Reporter : Achmad Amru Muiz | Editor : Yoni Iskandar

TRIBUNJATIM.COM, NGANJUK - Dinas Tenaga Kerja  Koperasi dan Usaha Mikro (Disnakerkop UM) Kabupaten Nganjuk komitmen tingkatkan kompetensi sumber daya manusia (SDM) berdaya saing.

Hal itu dilakukan dengan membentuk komitmen dengan membina Balai Latihan Kerja (BLK) Komunitas yang telah beroperasi agar mampu berkembang, mandiri, optimal, serta kecukupan pada aspek perizinan.

Sekretaris Disnakerkop UM Kabupaten Nganjuk, Sri Laksmita Hardini mengatakan, untuk meningkatkan kompetensi SDM diperlukan peningkatan jumlah lembaga pelatihan kerja dalam mendukung peningkatan kompetensi tersebut.

Pemerintah Daerah maupun Pusat melalui Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) sudah memberikan kemudahan, dalam hal pendaftaran dan perijinan bagi Lembaga Pelatihan Kerja (LPK).

"Termasuk di antaranya BLK Komunitas pondok pesantren," kata Sri Laksmita Hardini, Jumat (18/6/2021).

Dikatakan Sri Laksmita, dengan adanya pelatihan BLK Komunitas diharapkan bisa menjadi pilihan sarana prasarana tempat pelatihan bagi masyarakat. Dengan demikian ke depan diharapkan akan bisa mencetak SDM atau tenaga yang terampil sesuai bidangnya serta siap memasuki dunia kerja dengan bekal ketrampilan tersebut.

Baca juga: BLK Berkomitmen Cetak Tenaga Profesional Asal Pasuruan

"Makanya kami meminta para peserta pelatihan keterampilan di BLK untuk serius dalam mengikuti setiap arahan dan pendidikan yang diberikan pembinanya," ucap Sri Laksmita Hardini kepada TribunJatim.com..

Disnakerkop UM Kabupaten Nganjuk sendiri, menurut Sri Laksmita, terus berupaya mendukung program pemerintah dalam rangka memperkuat dan mengembangkan BLK Komunitas. Penguatan tidak hanya dari sisi jumlah lembaganya, tetap juga mutu untuk program pelatihannya.

"Dan Pelatihan yang dikembangkan tentunya disesuaikan dengan kebutuhan pasar kerja lokal dan mendorong minat masyarakat untuk berwirausaha. Yang pada akhirnya bisa menekan angka pengangguran serta memulihkan perekonomian tenaga kerja utamanya di Kabupaten Nganjuk," tutur Sri Laksmita Hardini.

Berita tentang pelatihan BLK

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved