Breaking News:

Berita Surabaya

Unesa Gandeng 21 Institusi Pendidikan dan IDUKA, Realisasikan Merdeka Belajar Kampus Merdeka

Universitas Negeri Surabaya (Unesa) kerja sama dengan 21 intitusi pendidikan dan IDUKA. Upaya merealisasikan Merdeka Belajar Kampus Merdeka.

Penulis: Zainal Arif | Editor: Hefty Suud
TribunJatim.com/Zainal Arif
Saat Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi - Nizam, Rektor Unesa - Nurhasan, Perwakilan dari Lembaga Pendidikan serta Perwakilan Industri dan Dunia Kerja (IDUKA) berfoto bersama setelah penandatanganan MoU untuk merealisasikan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) di Laboratorium Merdeka Belajar Unesa Kampus Lidah Wetan pada Sabtu (19/06/2021). 

Reporter: Zainal Arif | Editor: Heftys Suud

TRIBUNJATIM.COM,  SURABAYA - Universitas Negeri Surabaya (Unesa) menggelar Sharing Session Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) bersama Dirjen Dikti Kemendikbudristek RI.

Kegiatan tersebut berlangsung di Laboratorium Merdeka Belajar Unesa Kampus Lidah Wetan pada Sabtu (19/06/2021).

Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Nizam  pada kesempatan ini menyampaikan, konsep MBKM hadir untuk menjawab tuntutan Revolusi Industri 4.0 yang diikuti oleh perubahan pesat di segala bidang, baik itu teknologi, sosial, budaya, ekonomi maupun dunia kerja.

Ia melanjutkan, dari sejarahnya, revolusi industri bermula saat ditemukannya mesin uap oleh James Watt pada 1776. 

Penemuan itu mengubah sejarah, sistem produksi yang sebelumnya mengandalkan otot kemudian beralih ke tenaga uap sehingga lebih efektif dan efisien.

Baca juga: Kampus Merdeka Belajar diinisiatori Lembaga Zakat, Kemendikbud: Peluang Baru

Kemudian perubahan terus bergulir, penemuan baru pun terus hadir dengan segala inovasinya hingga sampai pada tahapnya yang keempat (revolusi industri 4.0) dimana teknologi merajai seluruh sendi kehidupan. 

“Jika revolusi sebelumnya hanya terjadi di bagian produksi atau di hulunya, maka revolusi 4.0 ini terjadi di seluruh aspek kehidupan kita,” ujarnya.

Tanpa disadari, sekarang teknologi mendominasi. Teknologi menciptakan sistem ekonomi raksasa berbasis big data yang mampu menghubungkan antar konsumen dan produsen. 

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved