Breaking News:

Berita Surabaya

Vaksinasi Serentak Berimbas Pada Stok Darah di PMI Surabaya Berkurang, PT DLU Gelar Donor Darah

Kantor Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Kota Surabaya kembali mengalami penurunan stok kantong darah untuk donor. Pada Selasa (15/6/2021) kemarin,

Penulis: Sri Handi Lestari | Editor: Yoni Iskandar
sri handi lestari/surya
Penasehat sekaligus owner DLU Holding, Bamban Haryo Soekartono (BHS) saat melakukan donor darah di PMI Kota Surabaya didampingi Dirut DLU, Erwin H Poedjono dan Sensei Bambang Eddy Soeprapto, Pimpinan Perguruan Karate Kensa Dojo, Selasa (15/6/2021). 

Reporter : Sri Handi Lestari | Editor : Yoni Iskandar

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Kantor Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Kota Surabaya kembali mengalami penurunan stok kantong darah untuk donor. Pada Selasa (15/6/2021) kemarin, stok darah hanya sekitar 80 kantong.

"Sementara rata-rata per hari kami harus 400 kantong. Bahkan untuk darah konvalesan hari ini kosong dan ada antrian sekitar 75 kantong yang memerlukan," kata dr Martono Adi, Kabag Pelayanan dan Humas PMI Kota Surabaya, disela menerima rombongan dari Dharma Lautan Utama (DLU) Holding yang menggelar baksos donor darah di PMI, Selasa (15/6/2021) sore.

Lebih lanjut dr Martono mengatakan, berkurangnya pendonor ini karena adanya vaksinasi serentak, yang membuat pendonor harus menunggu dua minggu setelah vaksin untuk mendonorkan darahnya.

"Jadi banyak yang sedang masa vaksin, sehingga pendonor menurun. Begitu juga untuk pendonor konvalesan juga kosong, karena yang sudah tiga bulan lebih pasca negatif Covid-19 dari para mantan penderita, saat ini juga banyak yang sedang mendapatkan vaksin," ungkap dr Martono.

Karena itu, pihaknya sangat apresiatif terkait kehadiran DLU yang melakukan baksos donor darah.

Baca juga: Dharma Lautan Utama Beri 150 Hazmat hingga 1000 Masker ke RS PHC Surabaya, Bantu Atasi Wabah Corona

Pembina DLU, Bambang Haryo Soekartono (BHS) yang hadir dalam kegiatan baksos tersebut juga turut serta mendonorkan darahnya.

"Komunikasi kami dengan PMI Kota Surabaya ini sangat baik, dan begitu ada informasi ada kekurangan stok darah donor, kami berusaha hadir," kata BHS yang juga owner dari DLU tersebut.

Lebih lanjut BHS mengharapkan dengan kegiatan yang dilakukan DLU ini bisa menarik masyarakat dan menjadi motivasi masyarakat lain untuk ikut segera donor darah. Apalagi saat ini, ada peningkatan orang yang terpapar Covid dan tentinya kebutuhan darah akan meningkat.

"Jadi silakan berbondong-bondong ke PMI, yang cocok dan lolos screening, silakan donor untuk membantu sesama," ungkap BHS.

Direktur Utama PT DLU, Erwin H Poedjono, dalam kesempatan yang sama menambahkan, pihaknya menyiapkan 70 personil untuk melakukan donor dalam program ini. "Dengan kunjungan kami bagi secara bertahap, agar tidak ada kerumunan," tambahnya.

Dalam kesempatan itu, tampak juga Komunitas Karate Perguruan Karate Kensa Kyokushinkaikan (Bushido Martial Art). Ada 17 anggota komunitas yang hadir dan mendonorkan darahnya.

“Ini juga dalam rangka Ulang Tahun Perguruan Karate Kensa Dojo ke-12. Semoga donor darah yang kami lakukan hari ini bisa membantu stok darah PMI yang sudah menipis saat ini,” kata Sensei Bambang Eddy Soeprapto, Pimpinan Perguruan Karate Kensa Dojo.

Berita tentang PT DLU

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved