Breaking News:

Berita Nganjuk

Gotong Royong, Dinsos Kabupaten Nganjuk Siapkan Program Bedah Rumah untuk ODGJ di Desa Tegaron

Dinsos PPPA Kabupaten Nganjuk siapkan program bedah rumah untuk keluarga ODGJ di Desa Tegaron, Kecamatan Prambon.

Penulis: Achmad Amru Muiz | Editor: Hefty Suud
ISTIMEWA/TRIBUNJATIM.COM
Penyaluran bantuan sembako dan program bedah rumah terhadap warga miskin dari keluarga orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) di Kabupaten Nganjuk. 

Reporter: Achmad Amru Muiz | Editor: Heftys Suud

TRIBUNJATIM.COM, NGANJUK - Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos PPPA) Kabupaten Nganjuk siapkan program bedah rumah kurang layak huni untuk warga miskin.

Bahkan kali ini program tersebut direalisasi terhadap rumah yang pemiliknya merupakan keluarga Orang dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) di Desa Tegaron, Kecamatan Prambon, Kabupaten Nganjuk.

Kepala Dinsos PPPA Kabupaten Nganjuk, Nafhan Tohawi menjelaskan, sebagai persiapan untuk program bedah rumah tersebut, pihaknya menyalurkan bantuan sembako kepada warga pemilik rumah.

Dengan demikian sembako tersebut juga dapat digunakan untuk keperluan selama dilakukan bedah rumah.

Baca juga: Hidup Sebatang Kara di Rumah Tak Layak Huni di Sampang, Nenek Buwat Dapat Bantuan Bedah Rumah

Dalam program bedah rumah kurang layak huni, dikatakan Nafhan, melibatkan perangkat desa dan warga sekitar dengan sistem gotong royong maupun kerja bakti membangun rumah tersebut agar lebih laik huni.

"Ini merupakan bentuk sinergitas dan gotong royong warga Desa Tegaron yang perlu dicontoh dalam penanganan penderita ODGJ yang identik dipasung dan tinggal di rumah kurang layak huni. Ini tantangan bagi masyarakat yang sehat untuk membantu warga lain yang sering mendapat stigma negatif di masyarakat," kata Nafhan, kemarin.

Oleh karena itu, ungkap Nafhan, pihaknya menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak yang terlibat.

Apalagi secara swadaya dan gotong royong telah membantu mensukseskan bedah rumah kurang layak huni milik warga yang juga mengalami gangguan jiwa.

"Saat pandemi Covid-19 ini mungkin menjadi waktu yang tepat untuk saling bersinergi, menekan angka pemasungan dan penelantaran ODGJ di Kabupaten Nganjuk dan mereka bisa hidup lebih baik lagi," tutur Nafhan.

Berita tentang Nganjuk

Berita tentang program bedah rumah

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved