Breaking News:

Berita Batu

Jumlah Wisatawan ke Kota Batu Hampir Tembus 1 Juta

Memasuki tahun kedua pandemi Covid-19, jumlah wisatawan yang datang ke Kota Batu hingga pertengahan 2021 cukup meyakinkan jika dibanding tahun lalu.

Penulis: Benni Indo | Editor: Yoni Iskandar
TRIBUNJATIM.COM/BENNI INDO
Wisata alam di Kota Batu dengan bentangan ladang yang hijau dan berbukit, 2021. 

Reporter : Benni Indo | Editor : Yoni Iskandar

TRIBUNJATIM.COM, BATU – Memasuki tahun kedua pandemi Covid-19, jumlah wisatawan yang datang ke Kota Batu hingga pertengahan 2021 cukup meyakinkan jika dibanding tahun lalu.

Pemkot Batu mencatat ada 803.554 wisatawan yang berkunjung hingga Juni 2021. Jumlah itu terus bertambah seiring masih banyaknya wisatawan yang datang berkunjung.

Wakil Wali Kota Batu, Punjul Santoso menjelaskan, data kunjungan tersebut terbagi atas dua kunjungan, yakni wisatawan sebanyak 634.535 dan tamu hotel sebanyak 169.019 orang.

"Jumlah tersebut merupakan jumlah keseluruhan kunjungan wisatawan ke Kota Batu pada triwulan l dan triwulan ll. Rinciannya jumlah wisatawan pada triwulan l ada 495.155 wisatawan nusantara dan 10 wisatawan mancanegara,” ujar Punjul, Minggu (20/6/2021).

Wisatawan pada triwulan II mencapai 308.385 lokal dan 4 wisatawan mancanegara. Tingkat kunjungan pada triwulan I lebih banyak terjadi pada triwulan lI. Pasalnya, ada larangan mudik pada triwulan II.

Diperkirakan, jumlah wisatawan bisa tembus lebih dari 1 juta pada Juni ini. Untuk menyongsong bulan-bulan berikutnya, Pemkot Batu telah mempersiapkan program untuk menggaet wisatawan. Pemkot Batu juga telah memastikan protokol kesehatan tersedia di setiap tempat wisata.

"Contohnya seperti tempat cuci tangan, pengukur suhu tubuh dan pembatasan 50 persen dari kapasitas normal. Pemkot Batu melalui Disparta juga telah melakukan sosialisasi dan pengawasan di tempat wisata terkait penerapan prokes. Selain itu, kami telah melakukan vaksinasi bagi pelaku wisata di Kota Batu,” paparnya kepada TribunJatim.com.

Kepala Dinas Pariwisata (Disparta) Kota Batu, Arief As Siddiq mengatakan, untuk menggejot jumlah wisatawan yang datang ke Kota Batu, sejak awal tahun lalu pihaknya menyiapkan kalender wisata. Di kalender wisata tersebut, terdapat 74 event yang akan digelar sepanjang tahun 2021.

Baca juga: Target Pendapatan Asli Daerah dari Retribusi Parkir di Kota Batu Diprediksi Sulit Terealisasi

"Jika dirinci, setiap satu bulan Disparta Kota Batu akan menggelar 4 hingga 10 kegiatan," ujar Arief.

Dengan diluncurkannya kalender wisata ini, wisatawan mengetahui jadwal kegiatan berkaitan pariwisata. Selain itu, juga diharapkan mampu menarik kunjungan wisatawan dan memeriahkan pariwisata Kota Batu.

“Jumlah anggaran yang kami gelontorkan untuk menyukseskan berbagai event itu sebesar Rp 7 miliar. Belum termasuk dukungan dari CSR ataupun pihak ketiga. Intinya, untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan,” tandasnya.

Berita tentang Kota Batu

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved