Breaking News:

Berita Surabaya

Kewajiban Tes PCR Bagi Tenaga Kerja Masuk Surabaya Beratkan Industri dan Karyawan

Ketua Umum Kadin Jatim Adik Dwi Putranto menegaskan bahwa kewajiban untuk melakukan tes swab PCR bagi tenaga kerja yang masuk Surabaya sangat memberat

Penulis: Sri Handi Lestari | Editor: Ndaru Wijayanto
Surya/Sri Handi Lestari
Ketua Umum Kadin Jatim Adik Dwi Putranto bicara soal kewajiban tes PCR beratkan Industri 

Reporter: Sri Handi Lestari I Editor: Ndaru Wijayanto

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Ketua Umum Kadin Jatim Adik Dwi Putranto menegaskan bahwa kewajiban untuk melakukan tes swab PCR bagi tenaga kerja yang masuk Surabaya sangat memberatkan industri dan karyawan.

Hal ini terkait Surat Edaran (SE) Walikota Surabaya, Eri Cahyadi nomor 443/6744/436.8.4/2021 pada tanggal 18/6/2021 tentang antisipasi penyebaran Covid-19 akibat mobilitas perjalanan pekerja atau karyawan keluar masuk kota Surabaya.

Dalam SE tersebut disebutkan bahwa industri diimbau untuk meminta hasil tes swab PCR karyawan atau pegawai 3x24 jam.

"Padahal biaya untuk melakukan tes PCR tersebut masih sangat mahal, berbeda dengan tes antigen atau tes GeNose yang biayanya relatif lebih murah," kata Adik, Sabtu (19/6/2021).

Tentunya tes swab PCR ini menjadi beban yang sangat memberatkan. Baik untuk karyawan atau industri.

Jika kewajiban itu benar-benar diberlakukan, untuk biaya pemeriksaan tes Antigen saja, seorang pekerja harus merogoh kocek sekitar Rp 150.000 per tes.

Sehingga untuk satu bulan, maka karyawan harus mengeluarkan biaya tambahan sekitar Rp 1,5 juta karena harus melakukannya sebanyak 10 kali.

Apalagi jika kewajiban tersebut adalah melakukan tes PCR yang biayanya mencapai sekitar Rp 900 ribu per sekali tes.

"Bisa dibayangkan berapa biaya yang harus dikeluarkan dalam sebulan. Dengan mengeluarkan biaya tambahan sebesar Rp 1,5 juta per bulan untuk tes antigen saja sudah sangat berat, apalagi tes PCR," ungkap Adik.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved