Breaking News:

Berita Kota

Peringati Bulan Bung Karno, Sepuluh Pelukis di Kota Madiun Lukis Sketsa Wajah Soekarno

Hujan deras tak menyurutkan semangat para pelukis Asal Kota Madiun untuk melukis sketsa wajah presiden pertama Republik Indonesia, Soekarno.

Penulis: Rahadian Bagus | Editor: Yoni Iskandar
Willy Abraham/Tribunjatim
Pelukis menyelesaikan lukisan sketsa wajah presiden pertama RI Soekarno saat mengikuti Parade Pelukis Kota Madiun di Kota Madiun, Jawa Timur, Sabtu (19/6/2021). Kegiatan tersebut digelar dalam rangka peringatan Bulan Bung Karno 2021. 

Reporter : Rahadian Bagus | Editor : Yoni Iskandar

TRIBUNJATIM.COM, MADIUN - Hujan deras tak menyurutkan semangat para pelukis Asal Kota Madiun untuk melukis sketsa wajah presiden pertama Republik Indonesia, Soekarno.

Mereka tampak semangat, menggoreskan pensil, meski hujan mengguyur Kota Madiun, Sabtu (20/6/2021) malam.

Sebanyak sepuluh pelukis, ikut meramaikan kegiatan peringatan Bulan Bung Karno yang digelar oleh DPC PDI Perjuangan Kota Madiun. Kegiatan parade lukis Soekarno itu digelar di Taman Sumber Umis yang berada di Jalan Pahlawan, Kota Madiun.

Ketua DPC PDI PDI Perjuangan Kota Madiun Anton Kusumo mengatakan, setiap tahun pada bulan Juni, diperingati sebagai Bulan Bung Karno. Tujuan dari kegiatan tersebut untuk mengenang jasa dari Bung Karno.

"Parade lukis ini dalam rangka memperingati bulan Bung Karno. Juni memang merupakan bulan yang istimewa dan bersejarah bagi seluruh Kader PDI Perjuangan. Karena bulan Juni adalah bulan lahirnya Bapak Bangsa, lahirnya Pancasila dan Bung Karno juga meninggal dunia bulan Juni," jelas Anton, Minggu (20/6/2021).

Baca juga: Mengintip Kampung Kelahiran Presiden Pertama di Surabaya saat  Bulan Bung Karno 

Alasan kenapa melukis Bung Karno adalah supaya kader PDI Perjuangan pada khususnya, dan masyarakat pada umumnya senantiasa mengingat jasa-jasa Bung Karno, meneladaninya, dan mewarisi semangatnya. Sehingga dipilih lokasi Taman Sumber Umis, agar karya para pelukis tersebut dapat dinikmati warga.

"Hasil lukisannya nanti diserahkan kepada DPC dan akan kita pajang di dinding kantor DPC PDI Perjuangan Kota Madiun," tutupnya.

Seorang pelukis, peserta parade lukis, Nugro Fianto (25), mengaku senang dapat berpartisipasi meramaikan kegiatan peringatan Bulan Bung Karno. Pelukis asal Manguharjo, Kota Madiun ini melukis sketsa Soekarno di media kertas berukuran 60 X 90 sentimeter.

"Senang sekali pak, bisa meramaikan acara peringatan bulan Bung Karno. Saya bangg bisa melukis sketsa wajah presiden pertama RI," katanya kepada TribunJatim.com.

Berita tentang Bulan Bung Karno

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved