Breaking News:

Berita Lumajang

Update Covid-19 Lumajang, Kadinkes Sebut Penularan Didominasi Keluarga

Tren kasus Covid-19 di Lumajang kembali naik. Menurut data Dinas Kesehatan Kabupaten Lumajang per hari ini (20/6) sebanyak 73 orang dalam pengawasan.

Penulis: Tony Hermawan | Editor: Yoni Iskandar
TribunJatim.com/ Tony Hermawan
Petugas vaksinator saat memvaksin salah satu warga Lumajang, Kamis (17/6/2021). 

Reporter : Tony Hermawan | Editor : Yoni Iskandar

TRIBUNJATIM.COM, LUMAJANG - Tren kasus Covid-19 di Lumajang kembali naik. Menurut data Dinas Kesehatan (Dinkes)  Kabupaten Lumajang per hari ini (20/6) sebanyak 73 orang dalam pengawasan.

Puluhan orang itu sebanyak 41 orang menjalani perawatan di rumah sakit rujukan. Sedangkan 32 orang lainnya menjalani isolasi di rumah.

Kepala Dinas Kesehatan, dr Bayu Wibowo Ignasius mengatakan, kenaikan itu terjadi rata-rata disebabkan klaster keluarga.

"Ya memang dimana-mana meningkat hari ini tambah 30 karena ada klaster di beberapa tempat. Hari ini ada klaster Lumajang, Sukodono, Senduro yang didominasi keluarga," katanya kepada TribunJatim.com.

Lebih lanjut, dr Bayu menyebutkan, penularan terjadi akibat belakangan ini masyarakat cenderung abai menerapkan protokol kesehatan.

"Ya karena mobilitas sekarang banyak yang berpergian dan benar seperti perkiraan ahli epidemiologi kasus itu bisa meningkat kalau aturan pengetatan itu longgar," ujarnya.

Perlu diketahui, kasus Covid-19 di Lumajang hingga hari ini sudah menginfeksi 3135 orang. 2791 berhasil sembuh, sedangkan 271 dinyatakan meninggal dunia.

Baca juga: Polres Lumajang Gelar Vaksinasi Covid-19 untuk Masyarakat

Untuk itu, dr Bayu berpesan kepada masyarakat agar tetap selalu patuh menerapkan protokol kesehatan. Seperti memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, menghindari kerumunan, dan mengurangi mobilitas agar penularan Covid-19 bisa ditekan.

"Kuncinya saling menjaga dan patuhi protokol kesehatan biar penularan tidak semakin tinggi," pungkasnya.

Berita tentang Kasus covid

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved