Breaking News:

Berita Kesehatan

Cara Merawat Gigi yang Dibehel, Cukup Rajin Jaga Kebersihan

Spesialis Dokter Orthodonti di Klinik Gigi 9C Orthodontics drg M Ardian Syah Sp Ort mengatakan, sebetulnya tidak ada perawatan khusus bagi pasien

Penulis: Akira Tandika | Editor: Yoni Iskandar
istimewa
Spesialis Dokter Orthodonti di Klinik Gigi 9C Orthodontics drg M Ardian Syah Sp Ort saat menangani pasien ortho di kliniknya, 9C Orthodontist di kawasan Pakueon City 

Reporter : Akira Tandika | Editor : Yoni Iskandar

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Spesialis Dokter Orthodonti di Klinik Gigi 9C Orthodontics drg M Ardian Syah Sp Ort mengatakan, sebetulnya tidak ada perawatan khusus bagi pasien yang giginya dibehel selain rutin menggosok gigi dan rajin check up bila sudah waktunya.

Apabila pasien mengalami kesulitan dalam menggosok gigi, klinik telah menyediakan alat bantu untuk membersihkannya.

"Memang, dari klinik biasanya memberikan beberapa sikat gigi untuk digunakan pasien. Namun, apabila pasien merasa kebingungan, cukup menggunakan sikat gigi yang memiliki bulu super halus," terang Ardi kepada TribunJatim.com.

Untuk beberapa kasus tertentu, Ardi juga melarang pasien mengunyah makanan dengan tekstur yang keras. Hal ini karena kondisi gigi yang memang sedang dirawat, tidak boleh mendapat perlakuan yang kasar.

"Tapi tentu saja, larangan ini tidak dilakukan selamanya. Akan disesuaikan dengan kondisi gigi saja," imbuhnya.

Beberapa jenis perawatan lain yang perlu dilakukan pasien saat menggunakan behel yakni, menggunakan dental floss, kumur dengan mouthwash, dan rutin kontrol ke dokter gigi.

Baca juga: Cara Mencegah Masalah Bau Mulut Saat Berpuasa Menurut Dokter Gigi

Ardi melanjutkan, keberhasilan menggunakan behel tergantung pada kesabaran pasien. Karena permasalahan satu dan lain pasien tidak sama. Sehingga proses penyembuhannya pun berbeda.

Ia juga menggarisbawahi, kondisi gigi yang tidak sempurna, bukan karena bawaan lahir. Hal itu merupakan proses pertumbuhan yang dialami seseorang dari dia lahir hingga dewasa.

"Jika sejak kecil seorang anak sudah terbiasa menjaga makanan, sering tertawa, ototnya berkembang dengan baik, maka bukan tidak mungkin kondisi giginya saat dewasa menjadi lebih rapi," tutupnya.

Berita tentang  kesehatan gigi
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved