Breaking News:

Berita Kota Batu

Tidak Berizin dan Membandel, Proyek Perumahan Sky Park di Kota Batu Berpotensi Dibongkar

Komisi A dan C, DPRD Batu menemukan adanya proyek pembangunan perumahan tak berizin di lahan pertanian di Desa Bulukerto, Kota Batu, Senin (21/6/2021)

Penulis: Benni Indo | Editor: Yoni Iskandar
Benni Indo/Surya
Anggota DPRD Batu bersama Satpol PP dan Pemdes Bulukerto mendatangi komplek proyek perumahan Sky Park yang tidak mengantongi izin, Senin (21/6/2021). 

Reporter : Benni Indo | Editor : Yoni Iskandar

TRIBUNJATIM.COM, BATUKomisi A dan Komisi C DPRD Batu menemukan adanya proyek pembangunan perumahan tak berizin di lahan pertanian di Desa Bulukerto, Kota Batu, Senin (21/6/2021).

Bersama Satpol PP dan Pemerintah Desa Bulukerto, Komisi A dan C melakukan inspeksi mendadak ke lokasi.

Di sana, ditemui sejumlah rumah yang telah dibangun dalam kawasan yang bernama Sky Park. Lokasinya cukup tertutup. Berada di balik ladang para petani. Pemandangannya banyak kawasan berbukit.

Ketua Komisi A, Dewi Kartika mengatakan, perumahan Sky Park sama sekali tidak memiliki izin. Ia mewanti-wanti pengembang agar mengikuti peraturan yang ada di Kota Batu. Bahkan Kartika mengatakan tidak takut terhadap siapapun yang berada di belakang pengembang karena peraturan harus dipatuhi bersama.

“Hari ini akan diportal dulu oleh Pemdes Bulukerto. Pemdes Bulukerto juga tidak tahu adanya pembangunan ini. Setelah diportal, maka akan dipasang garis pembatas oleh Satpol PP besok,” ujar Kartika.

Perumahan Sky Park tidak memiliki izin mendirikan bangunan dan amdal. Kartika pun heran ada pihak yang begitu berani membangun kompleks perumahan dengan biaya tinggi namun tanpa izin yang jelas.

Ketua Komisi C, Khamim Tohari menyayangkan adanya pembangunan tanpa izin. Menurutnya, hal tersebut dapat merusak keseimbangan lingkungan, pasalnya, kawasan pertanian hanya diperuntukan untuk pertanian.

Baca juga: Jumlah Wisatawan ke Kota Batu Hampir Tembus 1 Juta

“Desember lalu mereka sudah kena tipiring, nah ternyata apa? Selama enam bulan ini ada pengerjaan, padahal sudah dilarang. Kami mohon untuk diberhentikan semua kegiatan sampa ada solusi yang terbaik,” katanya.

Khamim menegaskan, tidak boleh ada kegiatan pembangunan di lahan hijau atau pertanian. Khamim juga meminta agar Pemkot Batu bisa tegas terhadap pengembang yang melanggar izin.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved