Breaking News:

Berita Trenggalek

Temuan BPK, Tunjangan Perumahan Ketua DPRD Trenggalek Dihentikan

Tunjangan perumahan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Trenggalek menjadi temuan dalam Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP)

Penulis: Aflahul Abidin | Editor: Yoni Iskandar
Surya/Aflahul Abidin
Rumah Dinas Ketua DPRD Kabupaten Trenggalek. 

Reporter : Aflahul Abidin | Editor : Yoni Iskandar

TRIBUNJATIM.COM, TRENGGALEK - Tunjangan perumahan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Trenggalek menjadi temuan dalam Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

Temuan itu muncul dalam LHP atas Laporan Keuangan Pemda Kabupaten Trenggalek nomor 70.B/LHP/XVIII.SBY/5/2021 yang keluar 25 Mei 2021.

Akhirnya, Pemkab Trenggalek memberhentikan tunjangan senilai Rp 20,5 juta per bulan itu per Mei 2021. Sebelumnya, tunjangan itu telah diterima mulai November 2020 hingga April 2021.

Sekretaris DPRD Kabupaten Trenggalek Mohtarom membenarkan ihwal temuan BPK itu.

Dalam LHP BPK, tunjangan perumahan ketua dewan masuk dalam kategori pemborosan. Sebab, Ketua DPRD sudah memiliki hak rumah dinas.

Awalnya, tunjangan perumahan untuk ketua dewan diberikan karena rumah dinas yang ada dianggap tidak layak.
Muhtarom menyebut, ketidaklayakan itu berdasar pada Peraturan Bupati 38/2020 yang mengatur soal standarisasi sarana dan prasarana kerja pemerintah daerah. Di dalamnya termasuk rumah dinas bagi pejabat seperti ketua dewan.

“Tim di bagian umum pemkab meninjau dan menyimpulkan bahwa rumah dinas (ketua dewan) tidak layak dan perlu direnovasi,” ujarnya, Selasa (22/6/2021).

Karena tak bisa menempati rumah dinasnya karena direnovasi, pemkab pun memberi tunjangan perumahan kepada ketua dewan. Pemberian tunjangan itu mengacu pada hak keuangan pimpinan dan anggota DPRD.

“Tunjangan diberikan mulai November 2020 hingga April 2021. Nilainya Rp 20,5 juta per bulan berdasarkan hasil hitung tim appraisal. Namun menindaklanjuti LHP BPK itu, tunjangan sudah dihentikan,” sambungnya kepada TribunJatim.com.

Baca juga: Sekretariat DPRD Tulungagung Akan Mengusulkan Kenaikan Tunjangan Perumahan dan Transportasi

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved