Breaking News:

Tip Memilih Sanitizer Agar Kulit Tangan Tidak Menjadi Kering, Begini Saran dr Inaldo Harlim

Tip memilih hand sanitizer untuk kulit sensitif sebagai perbekalan di tengah pandemi virus Corona.

Editor: Hefty Suud
TRIBUNJATIM.COM/AHMAD ZAIMUL HAQ
EKSTRAK LIDAH BUAYA - Sejumlah mahasiswa memakai hand sanitizer bahan ekstrak lidah buaya (Aloe Vera) buatan mahasiswa Fakultas Farmasi Universitas Surabaya (Ubaya) yang tergabung dalam Kelompok Studi Mahasiswa Cosmetology Study Group (KSM CSG) di Kampus Tenggilis, Jumat (6/3). Kegiatan itu sebagai upaya preventiv pencegahan penyebaran virus Corona (Covid 19) di sekitar kampus. 

TRIBUNJATIM.COM - Di tengah pandemi virus Corona ( Covid-19 ), sanitizer merupakan perbekalan kesehatan yang wajib untuk dibawa.

Sebab, sanitizer dapat mencegah kontaminasi dari bakteri dan virus terhadap tubuh.

Makanya, sejak pandemi Covid-19, permintaan masyarakat terhadap pemakaian sanitizer meningkat drastis.

Banyak merek-merek sanitizer baru bermunculan karena memang sangat membantu dalam menjaga kebersihan dan kesehatan tubuh.

Namun, perlu diperhatikan bahwa bukan hanya virus Corona yang harus diwaspadai tapi juga bakteri E. Coli, virus Influenza, dan bakteri serta virus lainnya.

“Pada masa pandemi Covid-19, kita benar-benar di tuntut untuk menjaga imunitas dan selalu mengikuti protokol kesehatan," kata dr Inaldo Harlim M. Biomed (AAM), M. Hum-Kes, Dip. AAAM (USA), CIBTAC, AIFO-K.

Baca juga: Penyebaran Covid-19 Meningkat di Madura, Realisasi Program Jatim Puspa Belum Terealisasi

Farmasi di SMK Prajnaparamita Kota Malang bikin hand sanitizer lokal
Farmasi di SMK Prajnaparamita Kota Malang bikin hand sanitizer lokal (TRIBUNJATIM.COM/HAYU YUDHA PRABOWO)

Imbuhnya, "Selain mencuci tangan dan menggunakan masker, penggunaan sanitizer tentunya menjadi pilihan peraktis serta wajib dibawa ke mana-mana."

Dengan banyaknya jenis dan merek sanitizer, konsumen harus sangat selektif dalam memilih terutama untuk pemakaian jangka panjang.

Jika salah pilih, bukan hanya kulit tangan menjadi kering tapi juga akan menyebabkan iritasi, terutama bagi yang memiliki kulit sensitif.

"Bahkan menimbulkan dermatitis, terlebih lagi dalam pemilihan sanitizer yang diperuntukkan untuk kulit bayi, kita harus lebih selektif dalam memilih," lanjutnya.

Halaman
12
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved