Breaking News:

Berita Trenggalek

Trenggalek Terus Diguyur Hujan Deras, Desa-desa yang Sempat Kekeringan Kembali Basah

Hujan deras yang mengguyur merata di wilayah Kabupaten Trenggalek dalam beberapa hari terakhir membuat sumber-sumber air yang sempat mati akhirnya

Penulis: Aflahul Abidin | Editor: Januar Adi Sagita
TribunJatim.com/Aflahul Abidin
Petugas BPBD menyalurkan air bersih di desa kekeringan di Kecamatan Panggul, Kabupaten Trenggalek, beberapa waktu lalu. 

Reporter: Aflahul Abidin | Editor: Januar AS

TRIBUNJATIM.COM, TRENGGALEKHujan deras yang mengguyur merata di wilayah Kabupaten Trenggalek dalam beberapa hari terakhir membuat sumber-sumber air yang sempat mati akhirnya hidup kembali.

Alhasil, desa-desa di wilayah pegunangan di Kabupaten Trenggalek yang sebelumnya mengalami kekeringan bisa kembali basah.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Trenggalek mencatat, ada dua desa yang sempat mengajukan kiriman air bersih karena mengalami kekeringan mulai Mei lalu. 

Yakni Desa Banjar dan Besuki. Keduanya berada di wilayah Kecamatan Panggul.

“Sementara dari pihak desa memberi informasi ke BPBD untuk pengiriman air bersih sementara dihentikan,” kata Sekretaris BPBD Kabupaten Trenggalek Tri Puspitasari, Selasa (22/6/2021).

Sejak akhir bulan lalu, BPBD Kabupaten Trenggalek telah tiga kali mengirim bantuan air bersih ke dua desa itu. Total air bersih yang sudah dikirim sebanyak 18 tangki.
“Hari ini sebenarnya jadwal kami untuk kembali mengirim air ke dua desa itu. Tapi tidak jadi setelah pihak desa menginformasikan,” tutur Puspitasari.

Menurut dia, beberapa sumber di desa itu mulai kembali mengeluarkan air setelah hujan deras mengguyur kedua wilayah tersebut beberapa hari.

Intensitas hujan yang terjadi tergolong deras sehingga dapat kembali menghidupkan sumber air dalam waktu dekat.

Meski demikian, Pipit mengatakan, BPBD tetap siaga apabila pengiriman air kembali dibutuhkan. Baik di dua desa itu maupun desa-desa lain yang rawan kekeringan.
“Nanti sewaktu-waktu membutuhkan air bersih, pihak desa akan menghubungi BPBD kembali dan kami akan mengirimnya,” ucapnya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved