Breaking News:

Berita Batu

Polres Batu Bantu Pemkot Vaksinasi Massal

Dinas Kesehatan Batu bersama Polres Batu menggelar vaksinasi massal di Jatim Park 2, Rabu (23/6/2021).

Penulis: Benni Indo | Editor: Yoni Iskandar
Benni Indo/Surya
Kapolres Batu, AKBP Catur Cahyono Wibowo berinteraksi dengan tenaga kesehatan saat memantau proses vaksinasi massal di Jatim Park 2, Rabu (23/6/2021) 

Reporter : Benni Indo | Editor : Yoni Iskandar

TRIBUNJATIM.COM, BATU - Dinas Kesehatan Batu bersama Polres Batu menggelar vaksinasi massal di Jatim Park 2, Rabu (23/6/2021).

Vaksinasi massal ini bagian dari upaya mengejar target sejuta vaksin dalam sehari di Indonesia. Sebelumnya, skala nasional vaksinasi telah didistribusikan sebanyak 700 ribu dosis.

Kapolres Batu,AKBP Catur Cahyono Wibowo menuturkan, vaksinasi massal itu untuk mengejar ketertinggalan cakupan vaksinasi yang masih terbilang rendah. Dengan adanya vaksinasi massal ini, diharapkan bisa segera mewujudkan kekebalan kelompok di Kota Batu.

“Kami berharap vaksinasi ini bisa berjalan secara maksimal sehingga kekebalan kelompok bisa meningkat. Khususnya bagi pekerja wisata di Kota Batu yang bersentuhan langsung dengan banyak orang,” terang dia kepada TribunJatim.com, Rabu (23/6/2021).

Ia mengatakan, Kota Batu mendapatkan alokasi vaksin 1520 dosis atau 152 vial vaksin multidose Sinovac. Alokasi vaksin ke Kota Batu dilakukan dua tahap yakni pada Rabu ini (22/6/2021) dan Jumat (25/6/2021).

Begitu pula pada minggu-minggu setelahnya, akan terus dilakukan vaksinasi secara massal dengan catatan Polres Batu kembali menerima alokasi vaksin dari Pemerintah Pusat. Kekebalan kelompok sangat diperlukan untuk mengantisipasi munculnya klaster baru.

Baca juga: Gelar Vaksinasi Massal, Sekda Kabupaten Malang Sebut 80 Persen Warga Telah Disuntik Vaksin Covid-19

Pihak kepolisian juga turut berjaga untuk mengurai peserta agar tidak menimbulkan kerumunan yang menjadi salah satu faktor resiko penularan.

“Untuk sasaran vaksinasi ini kami tujukan kepada seluruh lapisan masyarakat. Namun karena Kota Batu sebagai kota wisata, kami utamakan para pelaku wisata terlebih dahulu,” lanjut Catur.

Sementara itu, Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kota Batu, dr Susana Indahwati mengatakan, vaksinasi yang dilakukan pada Rabu menargetkan ada 750 orang. Begitu juga dengan Jumat mendatang.

“Untuk target vaksinasi pada hari ini, semuanya berasal dari pelaku wisata. Sedangkan pada Jumat mendatang akan dilakukan vaksinasi kepada pedagang, pemilik warung dan pegawai Pemkot Batu,” ujarnya.

Vaksinasi juga akan diberikan kepada orang dengan gangguan jiwa. Di Kota Batu ada sekitar 200 orang yang mengalami gangguan jiwa.

“Nantinya vaksinasi akan dilakukan pada setiap Puskesmas di Kota Batu. Orang gangguan jiwa yang akan divaksinasi itu meliputi stres, psikotik dan lainnya,” tandasnya.

berita tentang vaksinasi massal

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved