Breaking News:

Berita Kota Batu

DIPA Sudah Turun, Pedagang Pasar Besar Kota Batu Segera Direlokasi, Anggaran Rp 6 Miliar Disiapkan

Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) sudah turun, pedagang Pasar Besar Kota Batu akan segera direlokasi. Anggaran Rp 6 miliar disiapkan.

Penulis: Benni Indo | Editor: Dwi Prastika
TRIBUNJATIM.COM/BENNI INDO
Pintu gerbang masuk ke Pasar Besar Kota Batu, 2021. 

Reporter: Benni Indo | Editor: Dwi Prastika

TRIBUNJATIM.COM, KOTA BATU - Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Perdagangan (Diskumdag) Kota Batu segera merelokasi para pedagang Pasar Besar Kota Batu setelah Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) pembangunan Pasar Besar Kota Batu telah turun dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Kepala Diskumdag Kota Batu, Eko Suhartono mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan anggaran relokasi Rp 6 miliar. 

"Dalam waktu dua sampai tiga bulan ke depan relokasi harus sudah dituntaskan. Sebab akhir tahun ini pembangunan sudah mulai," jelas Eko, Jumat (25/6/2021).

Sebelumnya Diskumdag menganggarkan Rp 3 miliar untuk relokasi. Lalu naik menjadi Rp 6 miliar yang diperuntukkan bagi 1.200 pedagang. Eko mengatakan, tempat relokasi para pedagang tidak boleh asal-asalan. 

"Nanti tempat relokasi harus bagus, biar aktivitas jual beli berjalan lancar," katanya. 

Eko mendeskripsikan bagus tersebut seperti bangunan yang terbuat dari galvalum, dinding spandek dan atap asbes. Bukan triplek seperti di tempat-tempat lain.

"Saya tekankan relokasi gratis tidak ada biaya sepeserpun," tegas Eko.

Baca juga: DIPA Pasar Besar Kota Batu Turun, Pembangunan Direncanakan Dimulai pada Akhir 2021

Diskumdag sudah melakukan koordinasi bersama pedagang secara berkelanjutan. Rencananya relokasi berada di dekat Stadion Brantas dan sebagian di Pasar Sayur Kota Batu.

Menanggapi itu, Ketua Himpunan Pedagang Pasar, Faizirahmi berpendapat pembangunan yang direncanakan Pemkot Batu belum sepenuhnya jelas. Termasuk Detail Engineering Desain (DED) dan relokasinya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved