Breaking News:

Berita Mojokerto

Kades dan Perangkat Daerah di Mojokerto Dapat Jaminan Kesehatan JKN-KIS

Sebanyak 2.856 Kepala Desa (Kades) beserta perangkat desa di Kabupaten Mojokerto akhirnya menerima jaminan kesehatan JKN-KIS Tahun 2021.

Penulis: Mohammad Romadoni | Editor: Yoni Iskandar
Surya/Mohammad Romadoni
Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati menyerahkan kartu JKN-KIS bagi Kades dan perangkat desa di Pendapa Graha Majatama. 

Reporter : Mohammad Romadoni | Editor : Yoni Iskandar

TRIBUNJATIM.COM, MOJOKERTO - Sebanyak 2.856 Kepala Desa (Kades) beserta perangkat desa di Kabupaten Mojokerto akhirnya menerima jaminan kesehatan JKN-KIS Tahun 2021.

Kepala Dinas (DPMPD) Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMPD), Hidayat mengatakan Pemerintah Daerah sebelumnya telah menganggarkan jaminan kesehatan JKN-KIS bagi Kepala Desa (Kades) dan perangkatnya pada alokasi APBD senilai Rp.6,5 miliar. Jaminan kesehatan bagi Kades dan perangkat desa ini sesuai program Pemerintah Pusat UU nomor 40 tahun 2004.

"Kepesertaan BPJS Kesehatan bagi Kades dan perangkat sudah jalan sejak Januari- Juni 2021 ini dan tercatat ada 2.856 dari jumlah keseluruhan Kades dan perangkatnya kurang lebih 3.000 orang," ungkapnya, Jumat (25/6/2021).

Dia menjelaskan adapun Kades dan perangkat desa beserta keluarganya yang terdaftar sebagai kepesertaan BPJS Kesehatan yaitu berjumlah 7.864 orang.

Penyerahkan kartu JKN-KIS ini diserahkan langsung oleh Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati secara simbolis yang diwakili oleh empat kepala desa yakni Desa Ngimbangan, Petak, Tampungrejo dan Karangkuten.

Baca juga: Pemkab Mojokerto Salurkan 4.800 Paket Zakat

"Setiap bulan kami rekonsiliasi dengan BPJS Kesehatan sehingga tidak ada Kades dan perangkatnya yang tidak tercover," ucap Hidayat.

Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan Cabang Mojokerto, Bagus Prihanto menambahkan adapun skema rincian kepesertaan BPJS Kesehatan ini adalah satu peserta Kades maksimal empat orang anggota keluarga.

"Preminya seperti membayar satu persen dari UMK kepesertaan Kabupaten/ Kota Mojokerto sudah 79 persen lebih untuk mencapai Universal Health Coverage (UHC) harus mencapai 95 persen," jelasnya kepada TribunJatim.com.

Berita tentang Pemkab Mojokerto

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved