Breaking News:

Berita Nganjuk

Maksimalkan Pendapatan Pajak Daerah, Bapenda Nganjuk Inovasi Dengan Layanan Jemput Bola

Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Nganjuk maksimalkan pendapatan dari sektor pajak daerah melalui inovasi kegiatan jemput bola.

Penulis: Achmad Amru Muiz | Editor: Yoni Iskandar
istimewa
Plt Bupati Nganjuk, H Marhaen Djumadi mendapatkan penjelasan dari Kepala Bapenda Nganjuk, Nur Solekan terkait layanan pembayaran pajak daerah jemput bola di halaman kantor Kecamatan Kertosono Kabupaten Nganjuk. 

Reporter : Achmad Amru Muiz | Editor : Yoni Iskandar

TRIBUNJATIM.COM, NGANJUK - Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Nganjuk maksimalkan pendapatan dari sektor pajak daerah melalui inovasi kegiatan jemput bola.

Hal itu dilakukan dengan memberikan pelayanan mendatangi dan memberi pelayanan melalui mobil keliling kepada wajib pajak (WP) di setiap Kantor Kecamatan.

Kepala Bapenda Kabupaten Nganjuk, Nur Solekan menjelaskan, selain upaya jemput bola, kegiatan tersebut juga merupakan bentuk edukasi bagi masyarakat. Terutama dalam rangka melakukan pengurusan maupun pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB).

"Tentunya kami berharap melalui kegiatan jemput bola dekat dengan WP maka pendapatan dari sektor pajak daerah bisa dioptimalkan," kata Nur Solekan, kemarin.

Dijelaskan Nur Solekan, ada beberapa jenis pelayanan pajak yang bisa dilayani oleh mobil keliling Dispenda. Diantaranya Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB), pajak air tanah, pajak restoran dan pajak reklame, pajak hotel, pajak parkir, pajak pertambangan mineral dan batubara (minerba), pajak hiburan dan pajak penerangan jalan, dan sebagainya.

"Dengan slogan PANTAS yang memiliki arti Pajak Lunas, Pembangunan Tuntas bisa mendukung pendapatan daerah lebih maksimal, meskipun di tengah pandemi Covid-19," ucap Nur Solekan.

Baca juga: Diskon Pajak Kendaraan Bermotor Diperpanjang hingga 31 Agustus, Berikut Rincianya dari Bapenda Jatim

Sementara Plt Bupati Nganjuk, H Marhaen Djumadi mengatakan, pihaknya mengapresiasi upaya yang dilakukan Bapenda Kabupaten Nganjuk tersebut. Dimana dengan cara jemput bola tersebut bisa sangat mempermudah masyarakat dalam membayar pajak daerah.

"Upaya dengan Bapenda keliling ke setiap kecamatan cukup baik. Karena bisa juga untuk mengedukasi masyarakat agar taat membayar pajak dan pembayaran pajak tidak harus datang ke kantor Bapenda secara langsung, bahkan bisa Daring,” kata Marhaen Djumadi kepada TribunJatim.com.

Untuk itu, tambah Marhaen Djumadi, pihaknya mengharap wajib pajak taat membayar pajak daerah karena proses layanan pembayaran semakin mudah. Artinya wajib pajak tidak harus mengantri di kantor Bapenda dalam membayar pajak daerah.

"Kalau bayar pajak tuntas, maka pembangunan juga akan tuntas. Karena pajak digunakan untuk pembangunan," tutur Marhaen Djumadi.

Berita tentang bapenda

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved