Breaking News:

Berita Surabaya

JCI East Java Dorong Pendonor Plasma Konvalesan Dengan Sayembara Berhadiah Rp 250.000

Junior Chamber Internation (JCI) Chapter East Java menggelar sayembara donor plasma darah konvalesan untuk membantu korban Covid-19.

Penulis: Sri Handi Lestari | Editor: Yoni Iskandar
ISTIMEWA/TRIBUNJATIM.COM
Satu di antara penyintas Covid-19 yang melakukan donor plasma konvalesen di PMI 

Reporter : Sri Handi Lestari | Editor : Yoni Iskandar

TRIBUNJATIM,COM, SURABAYA - Junior Chamber Internation (JCI) Chapter East Java menggelar sayembara donor plasma darah konvalesen untuk membantu korban Covid-19. Dengan hadiah berupa uang tunai Rp 250.000.

President JCI East Java Andry Tejokusuma, mengatakan pihaknya sangat prihatin dengan kosongnya stok darah plasma konvalesan di PMI.

"Sementara permintaannya penuh antrian. Bahkan keluarga pasien covid-19 yang perlu darah plasma konvalesan harus mencari sendiri penyitas covid yang layak dan mau donor plasma," kata Andry, Minggu (27/6/2021).

Terkait sayembara uang ini, JCI hanya ingin memberikan apresiasi kepada para penyitas covid yang menyumbangkan darah plasma konvalesan. Mereka sangat dibutuhkan saat ini ditengah meningkatnya jumlah penderita covid-19 pasca libur hari raya Idul Fitri.

“Sebenarnya nilai ini kecil tapi kami ingin supaya mereka ini berani keluar dari zona nyaman mereka, dan mereka tergerak untuk memberika donasi plasma konvalesen ini,” lanjut Andry.

Dirinya juga mengakui, jiwa kepahlawanan dan sosial masyarakat tidak perlu lagi diragukan. Mengingat budaya gotong royong dan kebersamaan masih sangat kuat di masyarakat. Bahkan adanya pandemi ini, budaya itu semakin kuat.

Baca juga: Wawali Surabaya Cak Ji Donorkan Plasma Konvalesen Pagi ini

Andry sudah melakukan koordinasi dengan PMI Kota Surabaya. Selain mengumumkan sayembara, pihaknya juga mendorong rekan-rekannya sesama member JCI, anggota komunitas-komunitas, yang merupakan penyitas, untuk kembali hadir di PMI Kota Surabaya mendonorkan darah plasma konvalesannya.

“Sayembara ini berlaku mulai tanggal 25 Juni 2021 lalu hingga waktu yang belum ditentukan karena kami tidak tahu kebutuhan akan plasma konvalesen secara pasti. Tentunya akan bertambah mengikuti kebutuhan," ungkap Andry.

Sebelum JCI East Java memberikan uang tunai sebagai hadiah kepada pendonor plasma darah yang mempunyai semangat kepahlawanan, pendonor akan didata terlebih dahulu secara daring. Kemudian setelah lolos Screening dan darahnya didonorkan kepada pasien Covid-19, maka selanjutnya pendonor akan dihubungi untuk mendapatkan penghargaannya.

“Untuk menghindari kerumunan dan hal-hal yang tidak diinginkan, maka setelah hasil Screening awal dari pendaftaran akan dibagi dalam beberapa group yang terdiri dari 30-50 orang berdasarkan urutan," jelas Andry terkait mekanismenya kepada TribunJatim.com.

Kemudian dari grup per 30 - 50 orang tersebut itu akan discreaning tahap ke-2 bersama PMI, dan dari situ nanti ketika mereka sudah lolos Screening tahap ke- 2 oleh PMI akan segera dilakukan proses donor konvalesennya.

"Dan setelah terkonfirmasi oleh PMI, kami akan memberikan kepada pendonor tersebut,” tandas Andry.

JCI East Java berharap, langkah sosial organisasi pengusaha muda ini dapat menularkan kebaikan dan terus menyalakan semangat kepahlawanan khususnya di Surabaya sebagai Kota Pahlawan.

Berita tentang donor plasma

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved