Breaking News:

Berita Kota Batu

DPRD Kota Batu Usulkan Program Konsumsi Apel untuk Pelajar ke Dinas Pendidikan

DPRD Kota Batu usulkan program konsumsi apel untuk pelajar ke Dinas Pendidikan. Selain untuk eksistensi apel, itu juga bisa jadi pemenuhan gizi siswa.

Penulis: Benni Indo | Editor: Dwi Prastika
TRIBUNJATIM.COM/BENNI INDO
Seorang pekerja tengah memilah buah apel selepas panen di kawasan Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, sebelum dikirim ke konsumen yang berada di luar kota, 2020. 

Reporter: Benni Indo | Editor: Dwi Prastika

TRIBUNJATIM.COM, KOTA BATU - Jumlah produksi apel di Kota Batu mengalami penurunan dari tahun ke tahun.

Sarana untuk melestarikan apel muncul dari anggota DPRD Kota Batu, Didik Machmud. Ia menyarankan agar para pelajar di Kota Batu mendapatkan jadwal rutin mengonsumsi apel.

"Kami akan mengusulkan ke Dinas Pendidikan (Dindik) Kota Batu untuk menganggarkan konsumsi buah, terkhusus apel atau jeruk. Minimal satu kali dalam sepekan siswa bisa mendapatkan buah," ujar Didik, Senin (28/6/2021).

Selain untuk eksistensi apel, konsumsi buah tersebut juga dapat digunakan untuk pemenuhan gizi siswa. Cara tersebut dinilai Didik dapat membantu peningkatan konsumsi buah apel dari para petani.

Dia mengatakan, keberadaan apel di Kota Batu harus terus dipertahankan, karena menjadi ikon kota.

Meskipun kondisinya terus menurun, baik dari jumlah produksi dan luas lahan, namun Didik meyakini apel dari Kota Batu memiliki nilai tersendiri.

"Perlu upaya lebih dari Pemkot Batu agar pertanian apel tetap bisa bertahan. Dengan mengonsumsi buah apel, tak hanya untuk kebutuhan gizi saja, tapi juga berfungsi sebagai pemberdayaan petani apel Kota Batu," jelasnya.

Program mengonsumsi apel bagi siswa ini bisa dikolaborasikan dengan program minum susu yang sebelumnya telah dianggarkan oleh Dindik Kota Batu melalui dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS).

Baca juga: Kadinkes dan Lima Kepala Puskesmas di Kota Batu Positif Covid-19, Jalani Isolasi Mandiri

"Bila program ini bisa terlaksana, kami meminta agar pendistribusian apel bisa melalui Gapoktan. Seperti sebelumnya untuk konsumsi susu bagi siswa melalui KUD Batu,” katanya.

Kepala Dindik Kota Batu, Eny Rachyuningsih mengaku belum mendengar secara langsung usulan mengonsumsi buah apel. Namun Eny mengatakan, ia terbuka terhadap usulan yang masuk ke Dinas Pendidikan.

Ia pun akan membahas usulan itu dalam pertemuan atau dengar pendapat dengan DPRD Kota Batu.

"Belum didiskusikan dengan DPRD yang mengusulkan. Mungkin saat dengar pendapat nanti bisa didiskusikan,” terangnya.

Berita tentang Kota Batu

Berita tentang Jawa Timur

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved