Breaking News:

Berita Jatim

Rakor Persiapan Temu Bisnis Provinsi Jatim-Maluku, Perluas Akses Pasar Produk Dalam Negeri

Perluas akses pasar dan tingkatkan transaksi. Pemerintah Provinsi Jawa Timur gelar kegiatan rapat koordinasi kerjasama dengan Provinsi Maluku.

Penulis: Fikri Firmansyah | Editor: Hefty Suud
TRIBUNJATIM.COM/FIKRI FIRMANSYAH
Rakor persiapan Temu Bisnis Jatim-Maluku. 

Reporter: Fikri Firmansyah | Editor: Heftys Suud

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Pemerintah Provinsi Jawa Timur melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Timur telah menggelar kegiatan rapat koordinasi kerjasama dengan Provinsi Maluku.

Kegiatan ini merupakan salah satu upaya yang dilakukan untuk memperluas akses pasar bagi produk lokal dan meningkatkan transaksi yang saling menguntungkan antar kedua provinsi dalam berbagai sektor.

Rapat koordinasi yang dilakukan antara Pemprov Jatim dan Pemprov Maluku ini selaras dengan komitmen Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa untuk terus melakukan stimulus belanja konsumsi, investasi, dan meningkatkan perdagangan dalam negeri.

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Jawa Timur, Hadi Sulistyo mengatakan, kerja sama yang akan dilakukan akan saling menguntungkan bagi kedua daerah.

"Tentu akan saling menguntungkan, Jatim baik berdasarkan produk pangan, jaringan pasar, keterampilan SDM, teknologi tepat guna dan IT, serta optimalisasi peran BUMD sangat potensial untuk menjajaki potensi kerjasama dengan Pemprov. Maluku," ujar Hadi, Senin (28/6/2021).

Baca juga: Hasil Rakor Temu Bisnis Jawa Timur-Maluku, Disperindag Jatim: Keduanya Punya Karakter Ekonomi Beda

Disisi lain, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jawa Timur, Drajat Irawan menambahkan bahwa kegiatan ini dilakukan untuk membangun jejaring dan membahas potensi kerja sama yang bisa dijajaki oleh Pemprov Jatim dan Pemprov Maluku.

“Sebagai tindak lanjut, pada bulan Juli akan kita gelar kegiatan Misi Dagang di Ambon sebagai forum temu bisnis guna memperluas potensi perdagangan antar daerah,” ujar Drajat.

Sementara itu, Wakil Gubernur Maluku, Barnabas Orno ketika dikonfirmasi mengatakan bahwa Pemprov Maluku menyambut baik program kerjasama yang disampaikan oleh Pemprov Jatim.

“Kegiatan ini adalah langkah awal bagi forum kerja sama dan temu bisnis yang lebih luas antara Jatim dan Maluku. Model kerja sama yang dibangun kedepan tidak hanya terbatas pada transaksi produk dan perdagangan namun juga penjajakan kerjasama investasi pada bidang-bidang potensial,” ujar Barnabas.

Barnabas juga mengatakan bahwa adanya proses kerja sama ini diharapkan dapat mempererat hubungan yang saling menguntungkan antara Pemprov Jatim dan Pemprov Maluku khususnya dalam hal perdagangan dan investasi.

"Apalagi saat ini, Pemprov Maluku juga sedang mempersiapkan pengembangan sektor perikanan menjadi Maluku sebagai Lumbung Ikan Nasional (LIN)," imbuhnya.

Berita tentang Jawa Timur

Berita tentang Maluku

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved