Breaking News:

Berita Jember

Berikut 25 Skema Penanganan Covid-19 di Kabupaten Jember

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jember mengeluarkan sejumlah skema penanganan Covid-19 seiring terus bertambahnya kasus positif baru di Jember.

Penulis: Sri Wahyunik | Editor: Ndaru Wijayanto
Pemkab Jember
Bupati Jember Hendy Siswanto dan Forkopimda ketika memantau penyekatan lingkungan di Jl dr Soetomo Kelurahan Kepatihan Kecamatan Kaliwates, Senin (28/6/2021) 

Reporter: Sri Wahyunik I Editor: Ndaru Wijayanto

TRIBUNJATIM.COM, JEMBER - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jember mengeluarkan sejumlah skema penanganan Covid-19 seiring terus bertambahnya kasus positif baru di Jember.

Skema itu dirumuskan oleh semua unsur dalam Satuan Tugas Penanganan Covid-19, yang kemudian diteruskan ke seluruh camat, desa, lurah, hingga RT dan RW, Selasa (29/6/2021).

Ada 25 skema penanganan Covid-19 yang dihasilkan dalam rapat koordinasi Forkopimda dan Satgas Penanganan Covid-19 Jember, Senin (28/6/2021).

"Kami lakukan sejumlah skema penanganan, ini tujuannya untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Semua harus berjalan bersama, pemerintah, pelaku usaha, dan masyarakat," tegas Bupati Jember Hendy Siswanto, Selasa (29/6/2021).

Berikut ke-25 skema penanganan Covid-19 di Kabupaten Jember itu;

1. Melakukan refocusing anggaran Rp 150 miliar melalui Belanja Tidak Terduga (BTT).
Bupati Jember Hendy Siswanto menginstruksikan kepada Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) untuk mengalokasikan anggaran tersebut. "Siapkan anggaran minimal Rp 150 miliar, karena kita akan memberlakukan langkah pembatasan aktivitas masyarakat, juga penyekatan tingkat RT dan RW," ujar Hendy.

2. Melakukan penyekatan RT/RW yang terdampak langsung.
Ini seperti yang dilakukan di daerah Jl dr Soetomo Kelurahan Kepatihan Kecamatan Kaliwates. Gang masuk ke kawasan rumah yang penghuninya terpapar Covid-19 disekat.

"Karena di tempat itu ada 15 orang dalam keluarga yang terpapar, satu orang meninggal dunia. Sehingga kawasan itu disekat selama isolasi mandiri," ujar Hendy. Hal serupa juga dilakukan di Kecamatan Sumberjambe, di titik kawasan yang warganya terpapar Covid-19.

Selama dua hari terakhir, Kecamatan Sumberjambe dan Kecamatan Kaliwates masuk dalam Zona Merah.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved