Breaking News:

Tidak Terimbas Pandemi, Pertumbuhan Laba Bersih KBI Tahun 2020 Naik 31,98 Persen

PT Kliring Berjangka Indonesia (Persero) atau KBI merilis Laporan Keuangan Tahun 2020. Dalam laporan tersebut, BUMN ini mencatatkan pertumbuhan laba

Penulis: Sri Handi Lestari | Editor: Yoni Iskandar
istimewa
PT Kliring Berjangka Indonesia (Persero) atau KBI 

Reporter : Sri Handi Lestari | Editor : Yoni Iskandar

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - PT Kliring Berjangka Indonesia (Persero) atau KBI merilis Laporan Keuangan Tahun 2020. Dalam laporan tersebut, BUMN ini mencatatkan pertumbuhan laba bersih sebesar 31,98 persen.

"Meningkat dari Rp 50,3 miliar di tahun 2019 menjadi Rp 66,4 miliar di tahun 2020 lalu. Dan dari sisi pendapatan operasional, sepanjang tahun 2020 KBI berhasil mencatatkan pendapatan sebesar Rp 154 miliar atau meningkat 36,9 persen dibandingkan tahun 2019 yaitu Rp 112 miliar," jelas Fajar Wibhiyadi, Direktur Utama PT KBI, Senin (28/6/2021).

Catatan kinerja positif ini merupakan hasil dari langkah transformasi dan inovasi yang dilakukan KBI. Seperti diketahui, sepanjang tahun 2020 Indonesia dilanda Pandemi Covid-19, yang mau tidak mau harus disikapi oleh korporasi dengan berbagai upaya strategis, baik itu transformasi maupun inovasi.

Fajar menambahkan, sejak awal Covid-19 melanda Indonesia, KBI langsung melakukan berbagai upaya transformasi dan inovasi .

"Yang tentunya tidak hanya untuk menjaga kelangsungan bisnis semata, namun juga dalam upaya untuk mendorong kinerja untuk terus tumbuh positif," kata Fajar.

Langkah transformasi yang dilakukan KBI tidak hanya di transformasi bisnis semata, namun juga menyangkut transformasi sumber daya manusia. Sedangkan terkait inovasi, berbagai inovasi telah dilakukan KBI, yang pada intinya adalah inovasi dengan memanfaatkan teknologi informasi untuk peningkatan layanan kepada pemangku kepentingan.

Pertumbuhan kinerja yang dicatatkan KBI ini juga dipengaruhi oleh meningkatnya kinerja dari tiga pilar bisnis KBI. Yaitu sebagai Lembaga Kliring Penjaminan dan Penyelesaian Transaksi di Perdagangan Berjangka Komoditi, Lembaga Kliring Penjaminan dan Penyelesaian Transaksi Pasar Fisik Komoditas Timah Murni Batangan, serta sebagai Pusat Registrasi Resi Gudang.

Baca juga: 5 Arti Mimpi Dirampok, Pertanda Kurang Baik, Konflik dengan Pasangan hingga Hadapi Masalah Keuangan

"Namun diluar itu semua, sepanjang tahun 2020, KBI telah berhasil melewati tahun yang diselimuti pandemi ini dengan berbagai upaya transformasi serta inovasi”, ungkap Fajar.

Terkait Perdagangan Berjangka Komoditi, sepanjang tahun 2020 volume transaksi di Bursa Berjangka Jakarta yang dikliringkan di KBI mencapai 9.446.122,4 lot, yang terdiri dari volume transaksi Kontrak Sistem Perdagangan Alternatif sebesar 7.767.855,4 lot, dan Kontrak Primer sebesar 1.678.267 Lot.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved