Breaking News:

Berita Nganjuk

Daftar Puskesmas di Nganjuk yang Hentikan Layanan Sementara karena Tenaga Medis Terpapar Covid-19

Daftar Puskesmas di Nganjuk yang terpaksa menghentikan layanan sementara karena tenaga medisnya terpapar Covid-19 (virus Corona).

Penulis: Achmad Amru Muiz | Editor: Dwi Prastika
Istimewa/TribunJatim.com
Plt Kadinkes Kabupaten Nganjuk, RR Heni Rochtanti, 2021. 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Achmad Amru Muiz

TRIBUNJATIM.COM, NGANJUK - Dinas Kesehatan Kabupaten Nganjuk menghentikan sementara layanan kesehatan di sejumlah Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas).

Ini setelah sejumlah tenaga kesehatan maupun karyawan dinyatakan positif Covid-19 (virus Corona).

Plt Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Nganjuk, RR Heni Rochtanti mengatakan, penutupan Puskesmas dilakukan dalam rangka sterilisasi lokasi.

Hal itu bertujuan agar karyawan, tenaga medis maupun masyarakat kembali merasa aman dalam menjalankan aktivitas pelayanan kesehatan.

"Kami merupakan garda terdepan penanganan Covid-19, sehingga tidak menutup kemungkinan karyawan Puskesmas maupun tenaga kesehatan juga terkonfirmasi Covid-19," kata Heni Rochtanti, Jumat (2/7/2021).

Dijelaskan Heni Rochtanti, beberapa karyawan atau tenaga kesehatan yang terkonfirmasi positif Covid-19 sekarang ini menjalani isolasi mandiri untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Kondisi tersebut berdampak pada penutupan layanan sementara di Puskesmas untuk dilakukan sterilisasi.

Dengan adanya penutupan layanan di sejumlah Puskesmas tersebut, diungkapkan Heni Rochtanti, pihaknya meminta masyarakat untuk selalu menerapkan protokol kesehatan (prokes). Karena prokes merupakan langkah paling mudah dalam mencegah penyebaran virus Covid-19.

Baca juga: Tiga Pegawai Sekwan Positif Covid-19, Besok DPRD Kabupaten Nganjuk Pertimbangkan untuk Lockdown

"Kami tidak dapat bekerja sendiri. Kami harus mendisiplinkan masyarakat tertib prokes sesuai hasil arahan Satgas Covid-19. Jadi langkah ini tidak hanya tentang hilir, tapi juga hulu perlu dikuatkan. Masyarakat harus disiplin prokes, jika masyarakat tidak abai prokes maka Covid-19 dapat ditekan laju penyebarannya,” ucap Heni Rochtanti.

Puskesmas di Nganjuk yang harus menghentikan pelayanan sementara adalah Puskesmas Gondang, Ngluyu, Ngronggot, Berbek, dan Kertosono. Penutupan dilakukan selama tiga hingga empat hari kerja.

"Untuk Puskesmas Gondang dan Ngluyu penutupan dilakukan pada layanan rawat inap. Sedangkan untuk pelayanan rawat jalan tetap dibuka dengan terbatas," tutur Heni Rochtanti.

Berita tentang Kabupaten Nganjuk

Berita tentang Jawa Timur

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved