Breaking News:

Berita Trenggalek

DPRD Trenggalek Dukung Upaya Pemkab Wadahi Kepentingan Kelompok Rentan dengan Merumuskan Ranperda

DPRD Trenggalek dukung upaya pemkab wadahi kepentingan kelompok rentan dengan merumuskan rancangan peraturan daerah (Ranperda).

Penulis: Aflahul Abidin | Editor: Dwi Prastika
Tribun Jatim Network/Aflahul Abidin
Gedung DPRD Kabupaten Trenggalek, Jumat (2/7/2021). 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Aflahul Abidin

TRIBUNJATIM.COM, TRENGGALEK - Pemerintah Kabupaten Trenggalek berupaya untuk mewadahi kepentingan para perempuan, anak, penyandang disabilitas dan kelompok rentan lainnya.

Salah satu caranya, dengan merumuskan rancangan peraturan daerah (Ranperda) tentang Pengarusutamaan Gender. Ranperda itu sudah mulai dibahas oleh Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos PPPA) dan Komisi IV DRPD Trenggalek.

Pemkab Trenggalek sebenarnya telah mengupayakan beberapa langkah untuk mewadahi para kelompok rentan itu.

Namun, payung hukum yang spesifik dan mengikat belum dimiliki. Itu sebabnya pemkab, lewat Dinsos PPPA, mengajukan Ranperda tentang Pengarusutamaan Gender untuk dibahas bersama legislatif.

Dengan adanya payung hukum yang kuat, pemkab berharap bisa lebih leluasa dalam membuat program yang berorientasi terhadap kepentingan seluruh warga Trenggalek, termasuk kepentingan para kelompok rentan.

Terkait hal ini, DPRD Kabupaten Trenggalek juga mendukung upaya pemkab untuk memberi peran lebih kepada para kelompok rentan lewat Ranperda itu.

Sehingga, DPRD bertekad akan menyelesaikan pembahasan Ranperda hingga dapat digedok menjadi peraturan daerah (Perda) secepat mungkin.

Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Trenggalek, Mugianto mengatakan, pihaknya telah memahami urgensi keberadaan Ranperda ini untuk disahkan di Trenggalek.

“Kami sudah bisa menerima dari hasil pemaparan dinas yang menginisiator, yakni Dinsos PPPA, yang pembahasannya juga sudah masuk ke dalam materi,” katanya, Jumat (2/7/2021).

Baca juga: Pemkab Trenggalek Utang Rp 250 Miliar untuk Bangun RS Tahan Gempa, Begini Tanggapan DPRD

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved